KESEHATAN GIGI (Sekolah Tahfizh Plus SD Khoiru Ummah Ciledug)





"KESEHATAN GIGI"

Belajar Menjaga Kesehatan Gigi bersama Drg.Endang Isti Rahayu & Drg.Esty Pangestuti




Setiap orang mendambakan gigi yang sehat, kuat, bersih dan rapih. Namun menggosok gigi setiap hari belum tentu efektif sebagai cara merawat kesehatan gigi jika tehniknya kurang tepat.

Masya Allah...
Hari ini Selasa 17 November 2015, Sekolah Tahfizh Plus SD Khoiru Ummah Ciledug mendapat kunjungan tamu istimewa, yaitu Drg.Endang Isti & Drg.Esti, mereka adalah Dokter gigi yang membuka klinik gigi dekat sekolah kami. Disela-sela kesibukan mereka memeriksa kesehatan gigi pasien, Subhanallah dua ibu dokter ini mau berbagi ilmu dengan siswa/i Sekolah Tahfizh Plus SD Khoiru Ummah Ciledug.Sungguh suatu kesempatan yang luar biasa dapat belajar kesehatan gigi bersama bu dokter.

Acara dimulai sekitar jam 08.30, Siswa/i bersemangat untuk kumpul di Ruang serba guna Masjid Al-Hikmah Komp.Peruri Ciledug, tak lupa seluruh siswa/i membawa pasta gigi, sikat gigi dan juga gelas sebagai wadah air untuk kumur-kumur pada saat praktek menggosok gigi.

Sebelum siswa/i diajarkan tehnik menggosok gigi yang tepat, Drg.Esti memberikan penjelasan bagaimana cara mencuci tangan yang benar,bagian-bagian gigi,ciri-ciri gigi yang sehat dan rusak.

Selanjutnya siswa/i langsung mempraktekan cara menggosok gigi yang benar,dipandu langsung oleh Drg.Endang dan Drg.Esty.

Berikut ini adalah beberapa point yang disampaikan oleh Drg.Endang yg Insya Allah dapat menjadi panduan.

1. Jadikan menggosok gigi sebagai bagian dari rutinitas yang penting, minimal setelah makan dan sebelum tidur bisa 2-3 x sehari.

2. Pilihlah sikat gigi yang gagangnya lurus agar mudah dipegang serta bulunya yang lembut.

3.Pilihlah ukuran sikat gigi sesuai usia, untuk anak-anak hendaklah memakai sikat gigi yang ukurannya kecil.

4. Lakukan tehnik menggosok gigi yang benar, diantaranya :
- Dengan cara memutar secara lembut (tidak terburu-buru atau terlalu kuat) karena akan beresiko merusak gigi dan gusi
- Lalu gosok gigi dengan posisi tegak dan gerakan keatas kebawah untuk membersihkan gigi depan bagian dalam.
- Tak hanya giginya saja yang di gosok tapi juga menyikat lidah dan langit-langit untuk menghilangkan bakteri yang menempel di dua bagian tersebut dan menghilangkan bau mulut.
-Berkumur-kumur hingga rasa dari pasta gigi benar-benar tidak berasa lagi.

Beliaupun menyampaikan bahwa kesehatan gigi anak juga sangat dipengaruhi dari asupan gizi ibu tatkala mengandung. Jadi ibu hamil harus mengkonsumsi makanan yang tinggi kalsium sesuai kebutuhan agar suatu saat gigi pada bayinya tumbuh sehat.

Dan tidak hanya manusia saja yang punya usia, gigipun juga punya usia,pada saat anak menuju baligh maka gigi susu akan satu persatu tanggal berganti menjadi gigi tetap yang kuat.karenanya harus dijaga dengan baik agar kita mencerna makanan semakin sempurna dan kesehatan tubuh semakin Ok, Ibadahpun menjadi semangat. Oleh sebab itu kita harus terus bersyukur atas nikmat yang Allah berikan kepada kita sebagai hambaNya

Tak tertinggal juga Drg.Endang berpesan kepada siswa/i untuk memeriksakan kesehatan gigi setiap 6 bulan sekali.

Subhanallah pembelajaran yang sangat bermanfaat bu dokter, semoga ilmunya dapat kami terapkan sehari-hari.

Jazakumullah khoiron katststiiron Drg.Endang & Drg.Esty semoga kebaikan bu dokter berbagi ilmu kepada kami menjadi keberkahan bagi bu dokter.

Yuk jaga kesehatan gigi kita
Gigi sehat....
Gigi kuat...
Agar ibadah semakin semangat...