Market Day Perdana di Sekolah Tahfizh Plus SD Khoiru Ummah Ciledug

Market Day Perdana Kegiatan Market Day yang dilaksanakan oleh Sekolah Tahfizh Plus SD Khoiru Ummah Ciledug merupakan edukasi menumbuhkan jiwa kewirausahaan sedari dini dan mengenalkan proses berwirausaha. Kegiatan yg diikuti oleh seluruh siswa/i mulai dari kelas 1 s/d 6 SD, Alhamdulillah telah terlaksana dengan baik. 

Disini Para siswa/i belajar untuk kreatif mengelolah modal 25.000 yg juga dibimbing oleh orangtuanya. Hampir sebagian besar produk yang dipasarkan adalah Homemade antara siswa dan orangtua. Produk yang dijajakan sangat beragam, mulai dari kudapan (aneka makanan dan minuman), handycraft dengan memanfaatkan bahan bekas bahkan ada yang membuka stand jasa pijat. 

Subhanallah...mereka sangat antusias mengikutinya. Seperti yang dikatakan ayash siswa kelas IV dengan wajah berbinar "Alhamdulillah ustadzah...jamur keriwil aku habis,daganganku laris pertama" Wah...senang sekali ya ayash dagangannya laris manis,sampai ada yg tidak kebagian jamur keriwilnya. 

Begitupun yang dikatakan Hamid siswa kelas 1V "Alhamdulillah ustadzah...uang daganganku banyak...ada 14.000 Subhanallah mereka sangat senang,mereka tidak mementingkan berapa jumlah uang dagangan yg terkumpul,yang penting produk mereka ada yang membeli dan habis,bahkan cara mereka memasarkanpun juga mulai kreatif. 

Seperti yang dilakukan Masyithoh (siswi kls IV) dari awal berdagang sudah mulai berkeliling area sekolah menawarkan kepada orangtua dan teman-temannya yang juga sedang jualan. tak sedikit dari mereka tatkala dipenghujung kegiatan, membagi-bagikan produknya secara gratis...yang penting habis dan bisa berbagi. Sebagimana yang dilakukan Nayla (siswi kelas 

1) memulai berbagi-bagi dagangannya dan akhirnya diikuti oleh siswa/i yang lain. Kegiatan ini bukan untuk mendorong siswa untuk sekedar berjualan namun banyak pelajaran yang dapat diambil diantaranya: 

1.Siswa/i menjadi kreatif, berani mengungkapkan sebuah ide dan dapat menumbuhkan kerja sama dengan orangtua dalam proses pembuatan/pengadaan produk yang akan dipasarkan. 

2.Siswa/i menjadi tahu aktifitas jual beli untuk mendapatkan uang adalah suatu proses yg harus dijalankan dengan sabar dan akhirnya mereka juga dapat berfikir untuk menjemput rizki Allah juga adalah sebuah perjuangan. 

3.Siswa/i pun juga menjadi tahu bahwa melakukan kegiatan jual beli tidak hanya sekedar mendapatkan uang semata tapi juga sebuah ibadah yang dihalalkan Allah, dan usaha yg baik daripada meminta-minta dan dari rizki yang mereka dapatkan mereka juga bisa bersedekah. 

4.siswa/i juga dapat mengaplikasikan pelajaran matematika dalam keseharian dengan perhitungan dasar jual beli seperti menghitung modal,harga jual dan keuntungan. 

5. Dalam kegiatan inipun siswa/i juga banyak belajar pelajaran Tsaqofah Islam tentang adab,seperti adab berinteraksi dengan pembeli dan sesama pedagang, dan yang utama adalah transaksi jual beli yang jujur. 

6.Juga aplikasi pelajaran Bahasa Indonesia, bagaimana mereka menjadi penjual dengan tetap berkata ahsan (baik),teratur, jelas dan sopan 

7.selain itu dapat mengaplikasikan pelajaran Geografi tentang berbagai posisi (bagaimana cara mereka menyusun barang dagangannya yg benar) 

8.Dan dapat menumbuhkan karakter positif lainnya seperti : tanggungjawab, mandiri, keberanian dan percaya diri. 

Kagiatan ini terlaksana atas dukungan dan kerjasama seluruh orangtua siswa,sebagaimana yang diungkapkan oleh salah satu orang tua siswa "Market Day ini kegiatan yang sangat baik untuk belajar mandiri dan percaya diri untuk anak-anak, saya usulkan untuk market day selanjutnya kita bisa bekerjasama dengan pihak Universitas Budi Luhur (UBL). pada saat UBL bekerjasama sama dengan Sekolah Tahfizh Plus SD Khoiru Ummah Ciledug mengadakan pelatihan entrepreneur untuk orang tua di pelatihan berikutnya. anak-anak bisa mengadakan Market Day dilingkungan kampus UBL dengan tetap memakai almamater Sekolah Tahfizh Plus SD Khoiru Ummah Ciledug (pakai baju seragam dan name tag).

insya Allah para pembeli yang akan dihadapinya lebih luas dan beragam serta mendorong mereka untuk lebih percaya diri lagi ketika berinteraksi. Ujar pak Bandi (orangtua murid Yg 3 anaknya bergabung di Sekolah Tahfizh Plus SD Khoiru Ummah Ciledug Humam (kls1), Bilqis (kls IV), Alfi (kls VI) yang kebetulan beliau juga telah mengadakan Pelatihan entrepreneur e -commerce bagi kelurga besar Sekolah Tahfizh Plus SD Khoiru Ummah Ciledug bulan Oktober lalu di UBL).

 Insya Allah itu ide bagus pak Bandi, smoga bisa terealisasi dan orangtua murid turut mendukungnya. Demikianlah sekilas reportase Market Day Sekolah Tahfizh Plus SD Khoiru Ummah Ciledug perdana (sabtu, 14 November 2015). 

Jazakumullah khoiron katsiiron, kami ucapkan untuk seluruh keluarga besar Sekolah Tahfizh Plus SD Khoiru Ummah Ciledug : 
Ustadz & Ustadzah, Para Orangtua dan wali Murid Siswa/i kelas 1 s/d 6. Insya Allah Ananda semua kan menjadi orang sukses dunia akhirat. Aamiin Ya Robbal 'Aalamiin 

#PenghafalAl-Qur'anOK #InovatorOK #PengusahaSuksesOK #KhoiruUmmahGenerasiPemimpinMasaDepan #PeradabanIslamKanDiraihKembali #AllahuAkbar!!!


Sekolah Tahfizh Plus SD Khoiru Ummah Ciledug