Khoiru Ummah Secara Umum

Apakah  Homeschooling itu?
Homeschooling adalah sekolah alternatif yang diakui oleh UU Sisdiknas No 20 tahun 2003, bersuasanakan seperti rumah dimana setiap anak mendapat perhatian dalam perkembangannyasehingga nyaman bagisetiapanakuntuk belajar.


Apakah Sekolah Tahfidz Plus SD Khoiru Ummah Ciledug ?
Sekolah Tahfidz Plus SD Khoiru Ummah Ciledug merupakan sekolah alternatif dalam bentuk komunitas, sehingga mandiri dalam kurikulum. Sekolah Tahfidz Plus SD Khoiru Ummah Ciledug membakukan kurikulumnya yang berbasis Aqidah Islam
Sekolah Tahfidz Plus SD Khoiru Ummah Ciledug merupakan representasi pendidikan Islam. Semua konsepnya digali dari pemikiran Islam, mulai dari penetapan out put, strategi pembelajaran, materi pembelajaran dan cara penanganan anak


Apa output (target) lulusan siswa yang sekolah di Koiru Ummah?
Output lulusan KU secara umum adalah:
1. Berkepribadian Islam
2. Faqih Fiddin (ahli dalam ilmu agama)
3. Terdepan dalam sains dan teknologi
4. Berjiwa pemimpin
Output lulusan PAUD/TK/RA:
1. Kepribadian Islam (Syaksiyyah Islamiyyah)
Pola Pikir (Aqliyah)
Terbentuk dasar-dasar kecerdasan
Konsentrasi tinggi
Sensitif  panca indera
Cermat dalam identifikasi
Fokus
Peka terhadap informasi yang benar
Cepat menangkap informasi secara utuh
Pola Sikap (Nafsiyah)
Terbentuk dasar-dasar keshalehan
Tertanam persepsi tentang Allah
  Allah Pencipta manusia, alam semesta dan kehidupan yang ada di alam semesta
  Allah pemberi rizki
  Allah memiliki sifat-sifat hebat dan mulia
  Allah pelindung kita
Terbiasa bersyukur kepada Allah swt
Senang mengaji/tahfizh
Terbiasa tahfizh setiap hari
Senang beribadah
Terbiasa sholat lima waktu
Senang menghafal dzikir dan doa
Terbiasa dzikir dan berdoa
Senang menghafal hadits
Terbiasa berakhlaq mulia
Terbiasa berkata ahsan
Terbiasa hidup teratur
Terbiasa makan dan minum halal dan thoyyib
Terbiasa menutup aurat
Hafal Al-Qur’an juz 30
Hafal bacaan sholat
Hafal dzikir dan doa
Hafal hadits
2. Faqih Fiddin
Terbentuk dasar-dasar Tsaqofah Islam
3. Terdepan Dalam Saintek
Terbentuk dasar-dasar kreatifitas  dan inovasi
Senang mengamati obyek yang riil
Cermat dalam identifikasi
Senang berkarya
Senang mencoba sesuatu yang baru
4.  Berjiwa Pemimpin
Terbentuk dasar-dasar kepemimpinan
Percaya diri tinggi
Mandiri
Peduli pada orang lain
Berani mengkritisi realitas yang tidak sesuai dengan kebenaran yang dipahami
Siap berkompetisi dalam kebaikan
Output lulusan SD
1. Berkpribadian Islam:
Pola pikir (Aqliyah)Islamiyah :
Mampumembedakanmana yang benardanmana yang salah. Dapat berfikir benar
Memahamiapa yang diperintahkan Allah SWT danapa yang dilarangterkaitaktivitassehari-hari
Mampumenyelesaikan problem kehidupannyasesuaihukumsyara’
Pola sikap (Nafsiyah) Islamiyah
Siapmelaksanakan yang wajib
Siapmeninggalkan yang haram

2. Faqih Fiddin
Hafal al Qur’an 6 juz (juz 1 – 6)
Menguasaipemikirandanhukum  Islam terkait dengan perilaku dan ibadah sehari-hari
Semuaamaldidasarkanpadailmu,belajardanberfikirsebelumberbuat
Ilmuyang dipelajari digunakansebagaipetunjukamal

3. Terdepan Dalam Sains dan Teknologi
Mampu dan kreatif membuat mainan sendiri
Mandiridalam pemenuhan kebutuhannya untuk hidup sehat
Berjiwaproduktif, tidak konsumtif dalampenggunaansaranakehidupan (teknologi). Menggunakanteknologisesuaikeperluan

4. Berjiwa Pemimpin
Mandiridanbertanggungjawabdalamperilakudanibadahsehari-harisesuaiIslam yangdiyakininya
TeguhmempertahankanIslam yang diyakininya
Senantiasa mengajak kepada hal yang ma’ruf (baik)
Berani mencegah kemungkaran yang terjadi dalam komunitasnya
Berpengaruh baik  pada komunitasnya
Beranidanmampumemimpinkomunitasnya


Output lulusan SMP
1. Kepribadian Islam
Pola pikir (Aqliyah)Islamiyah :
Mampumenyelesaikanproblemakehidupanannya sendiri, keluarganya, dan komunitasnyasesuaihukumsyara. Berfikirsolutif (serius)
Pola sikap (nafsiyah)Islamiyah :
Senantiasaterdorongmelaksanakan yang sunnahsetiapadakesempatan, dan tidak mencukupkandirimelaksanakan yang wajibsaja (sholat wajib diawal waktu, berjamaah, selalu sholat rowatib, dhuha, tahajjud, puasa sunnah).
Berhati-hatidalammemilih yang mubah (tidaksemua yang mubahdilaksanakan).
Terbiasa  menghindari yang makruh, tidakmencukupkandirimenjauhi yang haram saja
Menjauhkandiridarimelakukan yang syubhat
Terbiasa berkata yang ahsan (baik), makan dan minum yang halal & thoyyib, hidup bersih

2. Faqih Fiddin
Hafal al qur’an 9 juz atau 15 juz atau 30 juz
Menguasaipemikirandanhukum  Islam terkait dengan perilaku, ibadah sehari-haridan pergaulan
Semuaamaldidasarkanpadailmu,belajardanberfikirsebelumberbuat
Ilmudigunakansebagaipetunjukamal
Menjadi muqollidmuttabi’: mengikuti pendapat yang diambilnya setelah paham terhadap dalilnya

3. Terdepan Dalam Sains &Teknologi
Kreatifdalammembuat alat-alat saranakehidupannya sehari-hari dan dapat memperbaikinya
Mandiridalampemenuhansaranakehidupan, bebasdariketergantungankepadapihak lain
Berjiwaproduktif, tidak konsumtif dalampenggunaansaranakehidupan (teknologi).  Menggunakanteknologisesuaikeperluan
Mengembangkan teknologi sederhana untuk sarana kemudahan belajar & hidup sehari-hari dalam komunitasnya

4. Berjiwa Pemimpin
Mandiridanbertanggungjawabdalambersikap dan melaksanakan ibadah sesuai pemahaman Islam yangdiyakininya
Teguhmempertahankanpendapat Islam yang diyakininya
Terdepan dalam mengajak kepada hal yang ma’ruf (baik)
Beranimenolakdan mencegah kemungkaran yang ada dalam komunitas dan keluarganya.
Aktifmempengaruhi orang lain denganideologi Islam
Beranidanmampumemimpinkomunitas dan keluarganya
Berpengaruh baik pada komunitasnya dan masyarakat


Output Lulusan SMU:
1. Kepribadian Islam
Pola pikir (Aqliyah)Islamiyah :
Mampumenyelesaikanproblemakehidupannya sendiri, keluarganya, komunitasnya, masyarakat dan negaranyasesuaihukumsyara. Berfikirbenar, serius dan politis.

Pola sikap (Nafsiyah)Islamiyah :
Senantiasaterdorongmelaksanakan yang sunnahsetiapadakesempatan, dan tidak mencukupkandirimelaksanakan yang wajibsaja (sholat wajib diawal waktu, berjamaah, selalu sholat rowatib, dhuha, tahajjud, puasa sunnah, umroh, shodaqoh dan kurban dari hasil usaha sendiri).
Meninggalkan kemubahan (memilih kemubahan hanya yang menunjang pelaksanaan amal sunnah dan wajib).
Menjauhi yang haram dan menghindari yang makruh
Menjauhkandiridarimelakukan yang syubhat
Senantiasa berkata yang ahsan (baik), makan dan minum yang halal & thoyyib, hidup bersih
2. Faqih Fiddin
Hafal al qur’an 15 juz atau 30 juz
Menguasaisecara lebih banyak dan lebih mendalampemikirandanhukum  Islam terkait dengan perilaku, ibadah sehari-haridan pergaulan
Semuaamaldidasarkanpadailmu, belajardanberfikirsebelumberbuat
Ilmudigunakansebagaipetunjukamal
Menguasai lmu alat (bahasa Arab, nahwu-shorof, tafsir)
Menjadi muqollidmuttabi’---berproses menjadi mujtahid mas’alatul wahidah (mampu menggali hukum syara’ meskipun hanya satu persoalan)

3. Terdepan Dalam Sains &Teknologi
Kreatifdalammembuat alat-alat saranabagi kehidupan sehari-harinya dan dapat memperbaikinya
Mandiridalampemenuhansaranakehidupan, bebasdariketergantungankepadapihak lain
Berjiwaproduktif, tidak konsumtif dalampenggunaansaranakehidupan (teknologi).  Menggunakanteknologisesuaikeperluan
Mengembangkan teknologi tinggi untuk sarana kemudahan kehidupan masyarakat
4. Berjiwa Pemimpin
  Menjadi pelopor/contoh sikap dan ibadah sesuai pemahaman Islam yangdiyakininya
  Menjadi Imam sholat dan khatib jumat
  Aktif dan gigih menyampaikan/menyebarluaskanpendapat Islam yang diyakininya
  Terdepan dalam mengajak kepada hal yang ma’ruf (baik)
  Beranimenolakdan mencegah kemungkaran yang ada dalam komunitas, keluarga,masyarakat dan negaranya.
  Aktifmempengaruhi orang lain denganideologi Islam
  Beranidanmampumemimpinkomunitas, keluarga, masyarakat serta negaranya
  Berpengaruh baik pada komunitas, keluarga, masyarakat serta negaranya


Seperti apa gambaran pembelajaran di Khoiru Ummah?
  Khoiru Ummah menerapkan metode pembelajaran yang mampu mencedaskan akal anaksekaligusmensholehkannya. Ilmu diajarkan untukdipahamianak,kemudian memotivasimereka untukmengamalkannya.
  Materipelajarandiberikansesuaitahapperkembangananak. Ilmu  yangdiajarkanhanya yang diperlukananakpadausiaperkembangannya.

  Apa bedanya sekolah Khoiru Ummah dengan yang lain?
Khoiru Ummah memiliki ke-khas-an yakni:
  Sekolahtahfizh plus kurikulumberbasisaqidah Islam.
  Kurikulumdisusunsecaramandiri, semuamateripelajaran yang diberikandiarahkanuntukmembangunkecerdasanakaldankeshalehananak.
  Metodepembelajarannyatalqiyan fikriyan, ilmudiajarkandalamrangkameningkatkankemampuanberfikiranak.
  Pendidikan di sekolahterintegrasidenganpendidikan di rumah.
  Orang tua berperansebagai guru di rumahdan guru di sekolahberperansebagai guru selama jam sekolah.
  Orang tuaberposisisebagai guru pertama dan utama bagi anak-anaknya. Sekolah akan memberikan bekalilmu, bimbingan dan arahan kepada orang tuauntukmenjadi guru terbaikbagianak-anaknya.

  Apa keunggulan Sekolah Tahfidz Plus SD Khoiru Ummah Ciledug dengan sekolah lain?
  Sekolah Tahfidz Plus SD Khoiru Ummah Ciledug memiliki keunggulan dalam output yang dihasilkanyaituBerkepribadian Islam, Faqih Fiddin, Terdepan dalam saintek dan Berjiwa pemimpin.
  Sekolah Tahfidz Plus SD Khoiru Ummah Ciledug memiliki keunggulan dalam kurikulum, metodepembelajarandancarapenanganananak.
  Setiap mata pelajaran yang diajarkan ke anak terintegrasi dengan Aqidah Islam.


Seperti apa kurikulum Khoiru Ummah?
Kurikulum pendidikan Khoiru Ummah adalah kurikulum berasaskan Aqidah Islam karena aqidah Islam menjadi asas bagi kehidupan seorang Muslim dan asas bagi kehidupan negaranya. Aqidah Islam dijadikan sebagai standar penilaian bagi manusia. Oleh karena itu semua mata pelajaran yang diberikan, mulai dari pendidikan usia dini sampai sekolah menengah sesuai dengan aqidah Islam. Pelajaran tsaqofah asing yang bertentangan dengan aqidah Islam diberikan di tingkat perguruan tinggi.


Sudah berapa lama Khoiru Ummah berdiri?
Khoiru Ummah berdiri sejak tahun 2008 dengan membuka program pendidikan untuk level Sekolah Dasar (SD).  Pada tahun 2010 dibuka program pendidikan level Sekolah Menengah Pertama (SMP). Pada tahun 2013 dibuka program pendidikan level Sekolah Menegah Atas (SMA).


Apa  program unggulan Khoiru Ummah?
Program Unggulan TK :
1. Melatih anak melaksanakan pola hidup Islami ( pola hidup sehat, teratur dan berkah) setiap hari
a. Jenis program untuk membangun pola hidup sehat :
  Program makanan halal dan Thoyyib setiap hari
  Senam sehat setiap hari sebelum mulai belajar
  Outdoor activity seminggu sekali
b. Jenis program untuk membangun pola hidup teratur: Kegiatan Harian Siswa   (KHS) yang sudah ditetapkan dari mulai bangun tidur sampai tidur kembali
c. Jenis program untuk membangun pola hidup berkah:
  Tahfizhul Qur’an setiap hari
  Belajar wudhu dan Sholat setiap hari
  Membiasakan dzikir dan doa
  Membiasakan menghafal hadits
  Membiasakan berkata yang ahsan

2. Membangun rasa percaya diri pada setiap anak
 Jenis program:
  Sering tampil di depan kelas
  Sering memuji anak, tidak mencela anak
  Fokus pada apresiasi keberhasilan anak, tidak fokus pada kesalahan anak
  Panggung prestasi setiap bulan
  Tampil di setiap forum pertemuan orang tua (diklat, parenting)
  Kompetisi dalam program outbond
3. Membangun sinergi dengan orang tua.  Pendidikan di sekolahterintegrasidenganpendidikan di rumah
Jenis program:
  Program diklat dan parenting bagi orang tua (penyamaan persepsi tentang konsep pendidikan anak).
  Pendampingan tahfizh dan kegiatan harian anak oleh orang tua
  Pola komunikasi terbuka antara orang tua dan pihak sekolah

Program Unggulan SD
1. Melatih anak melaksanakan pola hidup Islami ( pola hidup sehat, teratur dan berkah) setiap hari
a. Jenis program untuk membangun pola hidup sehat :
  Program makanan halal dan Thoyyib setiap hari
  Senam sehat setiap hari (sebelum mulai belajar)
  Program hidup bersih setiap hari
  Outing secara berkala
b. Jenis program untuk membangun pola hidup teratur: Kegiatan Harian Siswa   (KHS) yang sudah ditetapkan dari mulai bangun tidur sampai tidur kembali
c. Jenis program untuk membangun pola hidup berkah:
  Tahfizhul Qur’an setiap hari (di sekolah dan di rumah)
  Sholat dhuha dan sholat zhuhur berjamaah setiap hari
  Membiasakan dzikir dan doa setelah sholat
  Membiasakan berdoa ketika memulai dan mengakhiri setiap perbuatan
  Membiasakan ibadah shaum senin atau kamis (kelas 4,5, dan 6)
  Membiasakan berkata yang ahsan
  Membiasakan ber-amar-ma’ruf nahi munkar dengan menggunakan ayat, hadits dan qaul hukamaa (perkataan bijak para ulama)
  Latihan Berkurban dengan uang tabungan sendiri
  I’tikaf 3-5 hari dalam 10 hari terakhir Ramadhan

2. Membangun Jiwa kepemimpinan pada anak
Tahapannya :
i.Meningkatkan rasa percaya diri anak
ii.Membangun sikap tanggung jawab anak pada setiap aktifitasnya
iii.Melatih kemandirian pada setiap anak
iv. Melatih kepemimpinan
Programnya
  Sering tampil di depan kelas
  Sering memuji anak, tidak mencela anak
  Fokus pada apresiasi keberhasilan anak, tidak fokus pada kesalahan anak
  Latihan diskusi kelompok
  Tampil di setiap forum pertemuan orang tua (diklat, parenting)
  Kompetisi dalam tahfizh setiap hari
  Lomba tahfizh, cerdas-cermat, ceramah, berkarya secara berkala
  Mabit seminggu sekali untuk kelas 4,5, 6
  Latihan kepemimpinan dengan menjadi imam sholat, petugas apel Senin, pengurus kelas,      
         pemimpin kelompok pada kegiatan MOS, Sholat Jumat, Kegiatan Ramadhan, piket kelas,
         kegiatan ekstra kurikuler
  Jambore Nasional SD Khoiru Ummah

3. Membangun sinergi dengan orang tua.  Pendidikan di sekolahterintegrasidenganpendidikan di rumah
Jenis program:
  Program diklat dan parenting bagi orang tua (penyamaan persepsi tentang konsep pendidikan anak).
  Pendampingan tahfizh dan kegiatan harian anak oleh orang tua
  Pola komunikasi terbuka antara orang tua dan pihak sekolah

Program Unggulan SMP
1. Melatih anak melaksanakan pola hidup Islami (pola hidup sehat, teratur dan berkah) setiap hari
a. Jenis program untuk membangun pola hidup sehat :
  Program makanan halal dan Thoyyib setiap hari
  Senam sehat setiap hari (sebelum mulai belajar)
  Program hidup bersih setiap hari
  Outing secara berkala
  Renang seminggu sekali
  Olah raga sufu
b. Jenis program untuk membangun pola hidup teratur: Kegiatan Harian Siswa   (KHS) yang sudah ditetapkan dari mulai bangun tidur sampai tidur kembali (sudah diberlakukan disiplin aktifitas dan disiplin waktu)
c. Jenis program untuk membangun pola hidup berkah:
  Tahfizhul Qur’an setiap hari
  Sholat berjamaah di masjid/musholla setiap waktu
  Membiasakan sholat sunnah setiap hari (sholat rawatib, sholat tahajud, sholat dhuha)
  Membiasakan shaum sunnah (Senin dan Kamis, Rajab, Sya’ban, Syawal, ‘Arofah, Muharram)
  Latihan Berkurban dengan uang tabungan sendiri
  Latihan menyantuni anak yatim dan kaum dhuafa di bulan Ramadhan dengan uang tabungan sendiri
  I’tikaf 10 hari terakhir Ramadhan

2. Membangun Jiwa kepemimpinan pada anak di skala komunitasnya
Tahapannya :
i.Meningkatkan rasa percaya diri anak
ii.Membangun sikap tanggung jawab anak pada setiap aktifitasnya
iii.Melatih kemandirian pada setiap anak
iv. Melatih kepemimpinan

Programnya :
  Boarding
  Piket setiap hari
  Melatih anak menjadi imam sholat
  Membiasakan siswa presentasi di depan kelas di setiap pelajaran
  Membiasakan siswa tampil di setiap forum pertemuan orang tua (diklat, parenting)
  Lomba Debat
  Panggung Orasi
  Musabaqoh Hifzhil Qur’an
  Class meeting setiap semester
  Wisuda Tahfizh Qur’an di setiap level
  Program ekstrakurikuler seminggu sekali
  Berkemah dua kali setahun
  Outing dua kali setahun
  Bakti-sosial di tengah masyarakat
  Enterpreneurship (kewirausahaan)
  Jambore Nasional SMP Khoiru Ummah

3. Membangun sinergi dengan orang tua.  Pendidikan di sekolahterintegrasidenganpendidikan di rumah
Jenis program:
  Program diklat dan parenting bagi orang tua (penyamaan persepsi tentang konsep pendidikan anak).
  Pendampingan tahfizh dan kegiatan harian anak oleh orang tua
  Pola komunikasi terbuka antara orang tua dan pihak sekolah

Program Unggulan SMU
1.Melatih anak melaksanakan pola hidup Islami (pola hidup sehat, teratur dan berkah) setiap hari
                 a.  Jenis program untuk membangun pola hidup sehat :
  Program makanan halal dan Thoyyib setiap hari
  Olah raga pagi setiap hari (sebelum mulai belajar)
  Program hidup bersih setiap hari
  Outing secara berkala
  Renang seminggu sekali
  Olah raga sufu sekali seminggu
  . Olah raga memanah sekali seminggu
  Olah raga berkuda secara berkala
b. Jenis program untuk membangun pola hidup teratur: Kegiatan Harian Siswa   (KHS) yang sudah ditetapkan dari mulai bangun tidur sampai tidur kembali (sudah diberlakukan disiplin aktifitas dan disiplin waktu)
c. Jenis program untuk membangun pola hidup berkah:
  Tahfizhul Qur’an setiap hari
  Sholat berjamaah di masjid/musholla setiap waktu
  Safari Masjid
  Membiasakan sholat sunnah setiap hari (sholat rawatib, sholat tahajud, sholat dhuha)
  Membiasakan shaum sunnah (Senin dan Kamis, Rajab, Sya’ban, Syawal, ‘Arofah, Muharram, Daud)
  Latihan Berkurban dengan uang tabungan sendiri
  Latihan menyantuni anak yatim dan kaum dhuafa di bulan Ramadhan dengan uang tabungan sendiri
  I’tikaf 10 hari terakhir Ramadhan

2. Meningkatkan Jiwa kepemimpinan pada anak di skala publik
Tahapannya :
i.Meningkatkan rasa percaya diri anak
ii. Meningkatkan sikap tanggung jawab anak pada setiap aktifitasnya
iii. Meningkatkan kemandirian pada setiap anak
iv. Melatih kepemimpinan

Programnya :
  Boarding
  Piket setiap hari
  Melatih anak menjadi imam (sholat lima waktu dan sholat Jumat) dan khatib Jumat
  Membiasakan siswa presentasi di depan kelas di setiap pelajaran
  Membiasakan siswa tampil di setiap forum pertemuan orang tua (diklat, parenting)
  Lomba Debat
  Panggung Orasi
  Musabaqoh Hifzhil Qur’an
  Class meeting setiap semester
  Wisuda Tahfizh Qur’an di setiap level
  Program ekstrakurikuler seminggu sekali
  Berkemah dua kali setahun
  Outing dua kali setahun
  Bakti-sosial di tengah masyarakat
  Enterpreneurship (mulai merintis usaha sendiri)
3. Membangun sinergi dengan orang tua.  Pendidikan di sekolahterintegrasidenganpendidikan di rumah
Jenis program:
ii. Program diklat dan parenting bagi orang tua (penyamaan persepsi tentang konsep pendidikan anak).
iii. Pendampingan tahfizh dan kegiatan harian anak oleh orang tua
iv. Pola komunikasi terbuka antara orang tua dan pihak sekolah

  Konsepnya sih bagus, gurunya berkualitas atau tidak?
Guru adalah orang-orang yang mengajarkan ilmu, sekaligus teladan bagi siswa. Oleh karena itu, Khoiru Ummah memiliki standar kualifikasi guru sesuai dengan pencapaian output pendidikan melalui diklat Level I, diklat Level II, diklat Level III, Workshop Mata Pelajaran dan Workshop Bahasa yang semua itu wajib diikuti oleh semua guru Homeschooling Group Khoiru Ummah.

  Legalitasnya bagaimana? (legalitas Yayasan, terdaftar/tidak di Diknas/Depag?)
Secara resmi Homeschooling Group Khoiru Ummah diakui dalam UU Sisdiknas No.20 Thn. 2003  dan telah memiliki: akte Pendirian Yayasan No 01.- TGL 04 Januari 2013

  Apakah lulusan Sekolah Tahfidz Plus SD Khoiru Ummah  mendapatkan ijazah?
Khoiru Ummah mengeluarkan ijazah sendiri bagi siswa yang telah memenuhi kualifikasi kelulusan yang ditetapkan oleh Dewan Kurikulumnya sesuai dengan level pendidikannya (TK/SD/SMP/SMU). Selain itu siswa juga mendapatkan Ijazah dari Diknas/Depag melalui jalur tersendiri yaitu jalur paket A, B, C yang sama dengan ijazah formal

  Apakah lulusan Sekolah Tahfidz Plus SD Khoiru Ummah bisa melanjutkan ke sekolah lain?
Karena dijamin oleh UU no 23 Tahun 2003 maka lulusan Sekolah Tahfidz Plus SD Khoiru Ummah pasti dapat diterima di luar sekolah Khoiru Ummah baik di dalam maupun  di luar negeri. Ada dua siswa Sekolah Tahfidz Plus SD Khoiru Ummah Pusat (SD dan SMP) yang ikut orang tua ke Jerman, bisa melanjutkan sekolahnya di sana

  Apakah lulusan Sekolah Tahfidz Plus SD Khoiru Ummah bisa melanjutkan ke sekolah negeri?
Karena dijamin oleh UU no 23 Tahun 2003 maka lulusan Sekolah Tahfidz Plus SD Khoiru Ummah pasti dapat diterima di luar sekolah Khoiru Ummah termasuk sekolah negeri

  Apakah lulusan Sekolah Tahfidz Plus SD Khoiru Ummah bisa masuk ke Perguruan Tinggi?
Karena dijamin oleh UU no 23 Tahun 2003 maka lulusan Sekolah Tahfidz Plus SD Khoiru Ummah pasti dapat diterima di perguruan tinggi baik di dalam maupun luar negeri

  Fiqihnya aliran apa?
Khoiru Ummah menempatkan al Qur’an sebagai sumber dari segala sumber ilmu. Semua materi pelajaran yang diberikan sesuai dengan petunjuk Al Qur’an dan As-Sunnah dengan memperhatikan dalil terkuat

  Apakah ada hubungan antara Homeschooling Group Khoiru Ummah dengan kelompok tertentu?
Khoiru Ummah merupakan yayasan yang mandiri, tidak dibawah kelompok manapun dan tidak berafiliasi dengan kelompok manapun. Khoiru Ummah memiliki Visi dan Misi untuk melahirkan generasi pemimpin pembangun peradaban mulia. Khoiru Ummah siap bekerja  sama dengan siapa saja yang memiliki Visi dan Misi yang sama.

  Mengapa siswa di Homeschooling Group Khoiru Ummah di boarding ? Apakah ada siswa Homeschooling Group Khoiru Ummah yang tidak boarding?
Khoiru Ummah memiliki program pendidikan mulai dari tingkat TK-SMA. Untuk tingkat TK dan SD tidak boarding karena masih membutuhkan pendampingan penuh dari orang tua.Sedangkan untuk SMP dan SMA boarding karena mereka sudah memasuki usia mendiri, dan mereka membutuhkan suasana kondusif untuk meraih out put yang dicanangkan.

  Mengapa Homeschooling Group Khoiru Ummah tidak memberlakukan fullday school?
Anak-anak membutuhkan suasana nyaman dan rileks dalam belajar sehingga proses belajar menjadi sesuatu yang menyenangkan, bukan sesuatu yang melelahkan dan menjenuhkan. Realitasnya konsentrasi belajar (berfikir) pada anak-anak usia pra-baligh dan baligh awal (SD dan SMP) bisa optimal sampai waktu Zhuhur. Oleh karena itu proses pembelajaran sampai waktu zhuhur. Untuk boarding (SMP dan SMA), setelah sholat zhuhur dan makan siang, siswa istirahat siang. Proses pembelajaran di boarding dimulai lagi ba’da ashar, setelah anak-anak kembali fresh.


Proses Belajar

  Apa yang dimaksud dengan Talqiyan Fikriyan?
Metode penyampaian ilmu yang diarahkan untuk mencerdaskan akal (akal paham). Prosesnya: ilmu diberikan kepada siswa dalam bentuk konsep /pemikiran, lalu siswa menerima/membenarkan ilmu tersebut melalui proses berfikir sehingga ia menjadikannya sebagai pemikirannya sendiri  ilmu membangun kesadaran anak untuk mengamalkannya

  Sejauh mana peran orang tua dalam menopang pembelajaran anak?
Keterlibatan orang tua dalam mendidik anak-anaknya menjadi penentu keberhasilan proses pembelajaran anak. Anak sangat membutuhkan perhatian dan kasih sayang orang tua untuk membangun spirit/semangat hidupnya, termasuk semangat belajarnya. Pengarahan, pendampingan dan teladan orang tua sangat dibutuhkan anak dalam proses belajar di rumah. Dengan demikian terjadi integrasi pembelajaran di sekolah dan di rumah.

  Apakah target Khoiru Ummah tercapai selama ini?
Insya Allah tercapai. Apabila semua komponen yang menjadi pilar pendidikan anak terlibat aktif.

  Kira-kira capaian output Homeschooling Group Khoiru Ummah berapa persen?
Insya Allah 100 persen. Apabila semua program yang dicanangkan terealisasi.

  Apakah siswa Homeschooling Group Khoiru Ummah diperbolehkan membawa bekal?
Siswa Homeschooling Group Khoiru Ummah tingkat PAUD/TK/RA dan SD tidak diperbolehkan membawa bekal snack sendiri  karena sudah disiapkan di sekolah demi membangun budaya makan makanan halal dan thoyyib . Untuk makan siang, siswa Sekolah Tahfidz Plus SD Khoiru Ummah tingkat PAUD/TK/RA dan SD disediakan catering oleh sekolah, namun boleh juga membawa bekal makan siang sendiri dengan syarat makanan yang halal dan tyoyyib. Untuk Sekolah Tahfidz Plus SD Khoiru Ummah tingkat SMP dan SMA boleh membawa bekal ke sekolah/asrama dengan syarat makanan yang halal dan tyoyyib.

  Mengapa anak saya yang duduk di kelas 1 yang Sekolah Tahfidz Plus SD Khoiru Ummah tidak membawa buku jika pergi sekolah? Sebenarnya kelas 1 Sekolah Tahfidz Plus SD Khoiru Ummah siswa belajar apa?
Pembelajaran di Homeschooling Group Khoiru Ummah fokus untuk mencerdaskan akal dan mensholehkan jiwa dengan suasana yang nyaman dan menyenangkan. Untuk kelas 1 Sekolah Tahfidz Plus SD Khoiru Ummah fokus mengandalkan lisan dalam semua proses pembelajaran sehingga anak merasa ringan, mudah dan nyaman. Oleh karena itu tidak perlu membawa buku, cukup membawa laporan prestasi saja (KHS, buku prestasi tahfizh dan buku prestasi ummi)

  Apakah di program PAUD/TK/RA Sekolah Tahfidz Plus SD Khoiru Ummah ada ‘baca-tulis’-nya?
Anak usia PAUD/TK/RA sebenarnya belum membutuhkan baca-tulis.  Yang dibutuhkan adalah kemampuan untuk mendengar dan berbicara. Hal ini diperlukan untuk  menumbuhkan rasa percaya dirinya dalam berkomunikasi. Rasa percaya diri dan kemampuan berkomunikasi ini sangat penting sebagai modal belajar dan bersosialisasi dengan komunitasnya tanpa beban.  Baca-tulis baru diajarkan pada akhir semester kelas B PAUD/TK/RA Sekolah Tahfidz Plus SD Khoiru Ummah apabila diperlukan.

  Apakah di Sekolah Tahfidz Plus SD Khoiru Ummah ada les tambahan?
Pada umumnya tidak perlu ada les tambahan. Namun pada anak-anak tertentu kadang-kadang diperlukan. Bagi mereka yang memerlukan les tambahan (misalnya kelas 6 SD, kelas 9 SMP dan  kelas 12 SMA), akan difasilitasi oleh pihak sekolah.

  Apakah semua siswaSekolah Tahfidz Plus SD Khoiru Ummah bisa mengikuti program tahfizhul Qur’an yang dicanangkan?
Insya Allah bisa. Modal tahfizhul Qur’an sebenarnya sangat sederhana, yaitu mendengar secara berulang-ulang bagi anak usia PAUD/TK/RA maupun bagi siswa Sekolah Tahfidz Plus SD Khoiru Ummah yang belum bisa membaca Al-Qur’an sendiri. Sedangkan untuk siswa yang sudah bisa membaca Al-Qur’an maka prosesnya dengan mendengar dan membaca berulang-ulang surat atau kumpulan ayat yang sedang menjadi target hafalannya. Selama anak bisa mendengar dan berbicara,  insya Allah bisa mengikuti program tahfizhul Qur’an.

  Apa kegiatan di asrama(boarding) Homeschooling Group Khoiru Ummah setiap hari Sabtu-Ahad?
Hari Sabtu dan Ahad termasuk  waktu pembelajaran. Programnya meliputi Tahfizhul Qur’an, ekstra kurikuler, Musabaqoh Hifzhul Qur’an, Panggung Prestasi,   Safari Masjid, bakti-sosial dan kegiatan-kegiatan insidental lainnya

  Mengapa kegiatan mabit di Homeschooling Group Khoiru Ummah tingkat SD diadakan sekali seminggu ?
Mabit di Homeschooling Group Khoiru Ummah tingkat SD diadakan sekali seminggu dalam rangka menumbuhkan rasa tanggung jawab, kemandirian dan kepemimpinan siswa. Disamping itu ada beberapa pelajaran yang belum mendapat porsi waktu di  pagi hari.Oleh karena itu perlu tambahan waktu di sore hari (terintegrasi dalam jadwal mabit)



Pembiayaan

  Berapa biayanya jika sekolah di Homeschooling Group Khoiru Ummah?
Setiap titik Sekolah Tahfidz Plus SD Khoiru Ummah yang berada dalam  satu kota, pembayarannya sama. Jika kotanya berbeda, pembayaran akan berbeda.Hal ini terkait dengan kehidupan perekonomian setempat (harga-harga) .  Juga terkait dengan ketersediaan sarana dan prasarana (ada wakaf atau tidak).  Namun, sekalipun berbeda dalam pembayaran, Sekolah Tahfidz Plus SD Khoiru Ummah punya standart  yang sama dalam output, proses pembelajaran dan manajemen pengelolaan sekolah.

  Mengapa Homeschooling Group Khoiru Ummah sebagai sekolah Islam biayanya mahal?
Mahal itu relative.  Siapapun yang terlibat dalam proses pendidikan yang bertujuan  melahirkan output ideal, pasti paham bahwa biaya pendidikan itu besar.  Layaknya memang biaya pendidikan ditanggung oleh Negara.  Hanya saja, saat ini negara tempat kita tinggal tidak menanggung biaya pendidikan warga negaranya.Terpaksalah seluruh biaya ditanggung oleh orang tua masing-masing anak.  Bagi orang tua yang peduli pendidikan, pasti akan bersedia menanam investasi pendidikan anaknya untuk masa depan gemilang bagi anak  dan keluarganya di dunia dan akhirat.

  Mengapa Diklat bagi orang tua berbiaya mahal?
Untuk meraih output pendidikan yang ideal, diperlukan pendidik berkualitas. Baik posisinya pendidik di sekolah maupun di rumah. Orang tua sebagai pendidik pertama dan utama bagi anak perlu menguasai konsep pendidikan anak berdasarkan Islam serta memiliki kompetensi yang tinggi dalam mendidik anak.  Dengan demikian diklat sebagai pembekalan bagi orang tua untuk menjadi pendidik terbaik bagi anak-anaknya sangat penting. Oleh karena itu pembiayaan diklat sebenarnya tidak seberapa dibanding dengan ilmu dan keahlian yang diperoleh selama diklat. Pengorbanan tenaga, waktu dan dana orang tua untuk kepentingan menuntut ilmu yang dapat  meningkatkan kompetensinya sebagai guru pertama dan utama, insya Allah merupakan amal sholih yang akan mendapatkan pahala berlipat ganda di sisi Allah swt

  Apakah di Homeschooling Group Khoiru Ummah ada biaya tambahan?
Semua pembiayaan di Homeschooling Group Khoiru Ummah sudah dihitung dalam bentuk SPP, biaya operasional tahunan (siswa lama) dan uang pangkal (siswa baru).  Yang belum ditetapkan adalah biaya wisuda tahfizh dan biaya wisuda kelas 6, biaya santunan anak yatim di bulan Ramadhan dan Qurban.  Biaya santunan anak yatim di bulan Ramadhan dan Qurban sengaja dibuat  dalam bentuk tabungan anak untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab dan kemandirian dalam beribadah kepada Allah swt
  Apakah di Homeschooling Group Khoiru Ummah ada beasiswa?
Insya Allah ada.
Sekolah Tahfidz Plus SD Khoiru Ummah
  Beasiswa berupa potongan uang pangkal diberikan kepada siswa yang saat masuk kelas 1 sudah hafal 1 juz dengan lancar.
  Beasiswa bebas SPP diberikan kepada siswa yang mampu menghafal minimal 2 juz per tahun.
  Beasiswa potongan 50% SPP diberikan kepada siswa yang mampu menghafal minimal 1,5 juz per tahun

Sekolah Tahfidz Plus SMP Khoiru Ummah
  Beasiswa berupa potongan uang pangkal diberikan kepada siswa yang saat masuk kelas 7 sudah hafal 6 juz dengan lancar.
  Beasiswa bebas SPP diberikan kepada siswa yang ikut program 30 juz selama 1 tahun (kompetensi  1.5  lembar per hari)
  Beasiswa potongan 50% SPP diberikan kepada siswa  yang ikut program 30 juz dalam waktu 3  tahun (kompetensi:  minimal 1 lembar per hari).


Prosedur Penerimaan

  Mengapa setiap orang tua siswa Homeschooling Group Khoiru Ummah diharuskan mengikuti diklat ?
Homescphooling Group Khoiru Ummah bertujuan melahirkan generasi pemimpin pembangun peradaban mulia. Diantara profile lulusannya adalah memiliki kepribadian Islam. Untuk meraih target output tersebut, diperlukan terjadinya integrasi antara pendidikan di sekolahdanpendidikan di rumah.Orang tua berperansebagai pendidik di rumah. Bahkan posisinya  sebagai guru pertama dan utama bagi anak-anaknya. Dengan demikian diperlukan kesamaan visi-misi, dan kemampuan mendidik pada setiap orang tua dan guru.Untuk itulah orang tua dan guru sama-sama wajib mengikuti Diklat Pendidik Generasi Khoiru Ummah.

  Mengapa lokasi penyelenggaraan Diklat orang tua jauh?
Jauh-dekat itu relatif. Penyelenggaraan diklat membutuhkan fasilitas dan suasana yang kondusif dalam pembelajaran selama Diklat. Oleh karena itu di setiap Diklat selalu dipertimbangkan tempat/lokasi yang nyaman dan kondusif bagi trainer, peserta dan panitia.

  Bagaimana prosedur menjadi siswa di Homeschooling Group Khoiru Ummah?
Prosedur menjadi siswa di Homeschooling Group Khoiru Ummah melalui beberapa tahapan.
Tahap 1 : Pengambilan dan Pengisian formulir pendaftaran
Tahap 2 : Penyerahan formulir pendaftaran dan berkas administratif
Tahap 3 :  Diklat orang tua (bapak dan ibu)
Tahap 4 : Observasi calon siswa dan wawancara orang tua
Tahap 5 : Pengumuman calon siswa yang diterima menjadi siswa Sekolah Tahfidz Plus  Khoiru Ummah
Tahap 6 : Pendaftaran ulang dan penandatanganan komitment orang tua






Sarana

  Fasilitas apa saja yang dimiliki Sekolah Tahfidz Plus  Khoiru Ummah?
Sekolah Tahfidz Plus  Khoiru Ummah memiliki fasilitas tempat belajar, tempat bermain dan olah raga, tempat sholat, tempat wudhu, toilet, perpustakaan, ruang  guru dan tempat makan. Khusus untuk Sekolah Tahfidz Plus SMP Khoiru Ummah dan Sekolah Tahfidz Plus SMA Khoiru Ummah, ada asrama sebagai tempat tinggal siswa.  Ruang belajar  tidak harus gedung, boleh dalam bentuk saung.  Yang penting proses belajar bisa berjalan lancar dan siswa nyaman belajar.

  Apakah di Sekolah Tahfidz Plus  Khoiru Ummah diadakan catering?
Insya Allah ada.
  Untuk PAUD/TK/RA dan SD Khoiru Ummah, catering  bisa disediakan sekolah untuk snack dan makan siang yang halal dan thoyyib. Hal ini diselenggarakan untuk membiasakan budaya makan makanan yang halal dan thoyyib.
  Untuk Sekolah Tahfidz Plus SMP-SMA Khoiru Ummah  catering disediakan sekolah untuk snack pagi dan makan 3 kali sehari

  Di sebagian Sekolah Tahfidz Plus  Khoiru Ummah terlihat tidak ada gedung. Siswa belajarnya di mana?
Ruang belajar di Sekolah Tahfidz Plus  Khoiru Ummah tidak diharuskan berbentuk gedung, boleh dalam bentuk saung atau menggunakan ruangan yang ada di rumah.  Yang penting proses belajar bisa berjalan lancar dan siswa nyaman belajar.

  Bagaimana cara membuka cabang Khoiru Ummah?
Prosedur Pembukaan Cabang Khoiru Ummah ada beberapa tahap:
Tahap pertama:
Calon Pengelola mengikuti Diklat I Pendidik Generasi Khoiru Ummah
Tahap kedua :
Mengajukan proposal pembukaan cabang Sekolah Tahfidz Plus  Khoiru Ummah kepada Yayasan Khoiru Ummah Pembangun Peradaban dengan menyatakan siap mengikuti semua syarat dan ketentuan pembukaan cabang Sekolah Tahfidz Plus  Khoiru Ummah
Tahap ketiga :
Diklat Calon Kepala sekolah dan calon guru (minimal 3 oran)
Tahap keempat :
Observasi kelayakan calon cabang Sekolah Tahfidz Plus  Khoiru Ummah
Tahap kelima :
Penandatanganan kesepakatan bersama (MoU=Memorandum of Understanding) antara Ketua Yayasan Khoiru Ummah Pembangun Peradaban dan calon pengelola Sekolah Tahfidz Plus  Khoiru Ummah