Yuk Menulis dan Kirim Surat untuk Sahabat



Di jaman serba teknologi canggih saat ini, ingin mengetahui kabar seorang sahabat atau teman tidaklah sulit, cukup mengetik kalimat melalui sosial media (šosmed) seperti FB, WA, BBM dan lain-lain.Pesan akan terkirim dengan cepat dan mudah.

Sangat dirasakan bahwa kegiatan surat-menyurat atau koresponden sudah jarang sekali dilakukan oleh anak-anak jaman sekarang. Karena semua sudah teralihkan dengan sarana komunikasi elektronik.Namun bagaimana perasaanmu jika petugas pos datang ke rumah mengantarkan surat dari sahabatmu? Wah.... Tentunya sangat senang bukan, bahkan ingin segera membuka dan membacanya perlahan-lahan, bahkan bisa berulang-ulang kāļi membacanya agar tidak āda kalimat yang terlewat satupun dan rasanya ingin segera membalas surat sahabat tersebut, agar iapun tahu bahwa kabarku baik-baik saja.
Bagi siswa/i SD melatih menulis surat secara manual, kalimat demi kalimat yang berisi pesan dan dapat dikirim melalui Pos Indonesia adalah sesuatu yang menyenangkan.



Karena siswa/i bisa mengekspresikan perasaannya melalui tulisannya sendiri dengan model tulisan bebas dan yang utama adalah memotivasi siswa/i untuk gemar menulis berbagai hal seperti cita-cita, pengalaman menarik, dan lain-lain.

Alasan yang lain, karena siswa/i SD ini memang belum saatnya untuk memiliki sarana komunikasi elektronik seperti gadget dan komputer dengan aplikasi telekomunikasi (yang kawatir akan kebablasan dalam memanfaatkannya).

Tidak hanya sekedar mengirim surat, siswa/i pun juga menjadi tahu bahwa benda persegi dengan beragam gambar unik yang biasa ditempel di sudut kanan atas bagian belakang amplop Itu dinamakan perangko.

Perangko berfungsi sebagai pengganti ongkos kirim surat.

Kini Pos Indonesia tidak hanya sekedar menjadi fasilitas umum yang dapat melayani jasa pengiriman barang, namun sudah menjadi lembaga keuangan non bank (transfer uang, pembayaran gaji bagi pegawai, pembayaran rekening listrik, telepon dan internet).

Baiklah.... Selamat berkoresponden dengan sahabatmu, Ingat menulislah dengan kata-kata penuh kebaikan ya...

Seorang Muslim adalah saudara muslim lainnya, ia tidak menzaliminya, merendahkannya, menyerahkan (kepada musuh) dan tidak menghinakannya.”

(Hadis riwayat Muslim)