Market Day Khoiru Ummah Ciledug




KHOIRUUMMAHCILEDUG.SCH.ID - Alhamdulillaah, untuk yang ke-3 kalinya Sekolah Tahfidz Plus SD Khoiru Ummah Ciledug menyelenggarakan acara Market Day. Kali ini diadakan di Kampus Universitas Budi Luhur, Petukangan Selatan – Jakarta Selatan. Acara yang ketiga ini tepatnya Rabu 7 Desember 2016 jam 08.30 – 11.30 di depan lap basket.


Aneka ragam jajanan dan souvenir pun digelar dalam acara ini. Mayoritas dagangan adalah karya sendiri siswa dan ortunya (homemade). Ada sop buah, jus buah, kue puding, jamur kriwil, siomay, es krim durian, kripik, bakso goreng, bubur sumsum, pisang pasir, pizza, resoles, kue klepon, susu kedelai, es yogurt, bihun, spagheti, pempek dan macharoni. Juga ada papercraft, gantungan kunci, dompet, tempat pensil, bross, pin.


Kegiatan yang sangat bagus untuk menempa jiwa entrepreneur ini sontak menimbulkan decak kagum para pengunjung dan pembeli yang mayoritas dari kalangan mahasiswa. Beberapa dosen dan karyawan pun ikut nimbrung menikmati menu-menu yang dijajakan oleh santri-santri cilik ini.

Di samping menjajakan jualan di stand, para santri ini juga berkeliling. Dengan pedenya mereka menawarkan dagangan kepada mahasiswa. Hadirnya santriwan-santriwati cilik dengan jubah merah marun di tengah kerumunan mahasiswa, baik yang sedang duduk-duduk atau berjalan.... menimbulkan daya kagum dan perhatian sendiri. Banyak yang langsung memborong jualan mujahid-mujahid cilik ini, sehingga ada santri yang dagangannya habis langsung berlari menghampiri ustadz atau bunda yang mendampingi,... dan berteriak ‘Alhamdulillaah.... habis’. Wajah ceria dan surpise bergembira nampak sekali padanya... berhasil.

Di tengah aksi berjualan ini, ada mahasiswi yang melakukan uji nyali mengetes hafalan santri, tak kuasa dianya,... tak sanggup menawan haru,.. meneteskan air mata.... Ada juga dua santriwati yang seolah jadi bintang, kami menyebutnya si kembar Sahda dan Zalfa, siswi yang baru duduk di kelas 2 SD ini dengan pedenya melayani photo bersama dengan dua mahasiswi yang terkesan dengan keduanya. Beberapa pengunjung pun berkesempatan untuk bertanya-tanya langsung dan mencari tahu lebih lanjut tentang Sekolah Tahfidz Plus SD Khoiru Ummah Ciledug dan berminat untuk memasukkan anaknya ke KU, alhamdulillaah.

Kerjasama yang bagus antara Sekolah Tahfidz Plus SD Khoiru Ummah Ciledug dengan UBL ini sangat menguntungkan kedua pihak. Dari sudut pandang istilah co branding pihak KU Ciledug mendapat manfaat berupa :

a. Membaiknya image masyarakat bahwa sekolah informal seperti homeschooling ini bisa eksis di luar, bisa mengandeng lembaga formal sekaliber UBL.

b. Lebih dikenal di kalangan kampus baik mahasiswa, dosen hingga para stafnya.

Artinya sebagai ajang promosi program sekolah di kalangan kampus. Ada dosen yang kaget melihat ternyata murid homeschooling jumlahnya banyak

c. Santrinya dikenal sebagai sosok cilik yang sholeh nan santun dan PD berkomunikasi dengan komunitas mahasiswa

Sedangkan pihak kampus UBL mendapat manfaat berupa :

a. Lebih dini dikenal dari aspek promosi halus (softselling) oleh santri dan ortu yang mendampingnya bahwa ada kampus megah di dekat rumah mereka sehingga kelak nantinya para santri ini bisa kuliah di kampus ini atau merekomedasikan ke keluarganya

b. Mendapat image bagus sebagai kampus yang memiliki kepedulian mengandeng komunitas masyarakat yang bergerak di bidang pendidikan Alhamdulillaah, tepat dikumandangkan azan dari masjid kampus, acara ini selesai dengan sukses dan berkah. In sya allaah, berkelanjutan di kemudian hari.

Atas segala partisipasi dan dukungan pihak kampus UBL, para orangtua santri serta semua pihak, disampaikan Jazakumullaah khoiran katsiiran.


Sugihmoro
Pengelola Sekolah Tahfidz Plus SD Khoiru Ummah Ciledug - Tangerang Kota