Kegiatan Outbound


Alhamdulillah pada tanggal 21 Februari 2016 telah dilaksanakan Creative Outbound di Homeschooling Khoiru Ummah ini. Kegiatan yang telah direncanakan sebelumnya ini berjalan dengan baik dan diikuti dengan sangat antusias oleh para siswa.

 Kegiatan yang bertujuan untuk melatih saraf motorik anak ini dibagi menjadi 7 pos dimana dimasing - masing pos tersebut para siswa melakukan sebuah aktivitas dan baru boleh melanjutkan ke pos berikutnya setelah menyelesaikan aktivitas tersebut.

Sebelum memulai kegiatan outbound ini, para siswa diberi penjelasan singkat terlebih dahulu tentang apa saja yang akan mereka lakukan di setiap pos - pos yang ada. Urutan aktifitas masing - masing pos adalah sebagai berikut
  • Pos 1 : Mengangkat Dumbbel

  • Pos 2 : Merayap

  • Pos 3 : Melompat tali

  • Pos 4 : Menendang Sandbag

  • Pos 5 : Keseimbangan

  • Pos 6 : Memukul Sandbag

  • Pos 7 : Berguling - guling
Sesi penjelasan dibuka dengan membaca Al - fatihah, dilanjuti dengan preview jurus pukulan dan tendangan Tifan. Setelah itu barisan dibubarkan dan kemudian siswa diarahkan untuk memulai Creative Outbound mulai dari pos pertama. Pada pos pertama ini, siswa disediakan dumbbell, kemudian siswa diharuskan mengangkat dumbbell tersebut 20 kali sebelum melanjutkan ke pos kedua.

Penjelasan Sebelum Outbound

Pos 1 : Mengangkat Dumbbel


Pada pos kedua siswa harus merayap di lapangan, tempat siswa merayap ditandai dengan tali rafia yang diikatkan ke bangku di lapangan. Setelah siswa berhasil merayap, pada pos ketiga, siswa melakukan lompat tali. Tali yang dipasang tidak terlalu tinggi sehingga siswa dapat melompati tali dengan mudah.


Pos 2 : Merayap di bawah tali

Pos 3 : Melompat Tali


Pada pos keempat, siswa melakukan tendangan ke sandbag yang telah disiapkan, pada pos ini tendangan dilakukan sebanyak 20 kali. Pos kelima siswa berjalan di atas bangku sambil menjaga keseimbangan.

Pos 4 : Menendang Sandbag

Pos 5 :Berjalan Menjaga Keseimbangan
Setelah itu pada pos keenam siswa akan memukul sandbag yang tersedia sebanyak 20 kali dengan sasaran atas, tengah, bawah, dan samping. Terkahir pada pos ketujuh, siswa kembali ke tempat pos kedua tapi kali ini siswa tidak merayap melainkan berguling dari ujung satu keujung lainnya.

Pos 6 : Memukul Sandbag

Pos 7 : Berguling

Selesai melakukan kegiatan dari pos pertama sampai ketujuh, siswa kemudian berkumpul untuk beristirahat sejenak sambil menyantap snack yang telah disediakan. Creative outbound kemudian telah berakhir dan seluruh murid lalu kembali ke sekolah.

Para Siswa menyantap snack yang di bagikan

Dengan demikian seluruh kegiatan Creative outbound ini telah berakhir, kegiatan ini adalah jilid pertama dari kegiatan outbound yang telah direncanakan, kedepannya Creative outbound ini akan terus dilakukan dengan lebih baik dan lebih seru lagi.