Mabit Program Special Sekolah Tahfidz Plus SD Khoiru Ummah Ciledug





Mabit merupakan istilah yang sangat masyhur kita dengar dalam rangkaian ibadah haji, misalnya mabit di Mina atau mabit di Mudzalifah.

Mabit (Arab مبيت) itu sendiri berasal dari  bahasa Arab yang bermaksud "bermalam".

Dalam kegiatan sekolah, mabit diakronimkan dengan "Malam Bina Islam dan Takwa".

Bagi Sekolah Tahfidz Plus Khoiru Ummah (STP KU) program ini menjadi salah satu program wajib yang harus diikuti oleh seluruh Siswa/i SD level atas yaitu (Siswa/i kelas 4-6). Dan ini merupakan salah satu program special STP Khoiru Ummah yang rutin dilaksanakan setiap pekan yang tidak dimiliki oleh sekolah dasar pada umumnya.

Program ini sarat manfaat untuk membina ketangguhan dan kesempurnaan Shaksiyyah Islamiyyah  (kepribadian Islam) siswa/i.

Peserta mabit adalah para siswa/i kelas 4-6, karena saat ini mereka sudah mulai memasuki usia tamyiz (usia yang sudah bisa membedakan perkara yang haq dan bathil) dan masa persiapan menuju baligh. Sehingga dalam usia tersebut perlu lebih mengasah pola pikir dan sikapnya dengan tuntunan syariat yang mumpuni, salah satunya dengan rutin mengikuti program mabit di sekolah. Hal ini juga sebagai cara untuk  melatih  kesiapan siswa/i, yang kelak ingin melanjutkan SMP di pondok yang harus tinggal di asrama dalam waktu yang cukup lama.

Tujuan  program ini, diantaranya :
1.Melatih kemandirian  dan kedewasaan
2.Melatih  kedisiplinan
3.Menumbuhkan kebersamaan diantara  siswa/i (saling berbagi, saling memahami, saling peduli).
4.Mempererat silah ukhuwah dengan sesama teman, para ustadz dan ustadzah
5.Belajar hidup qonaah
6.Membiasakan melakukan segala amalan dengan adab Rosulullah SAW.



Adapun rangkaian kegiatan Mabit adalah :
1.Tadarrus Al-qur'an
2.Sholat Fardhu berjamaah
3.Doa  dan Dzikir
4.Tausiyah (Aqidah, Shiroh, Adab Rosulullah SAW)
5. Bina Performenc (Adzan, pidato, story telling)
6.Muhasabah
7.Qiyamul lail



Masya  Allah, siswa/i  begitu menikmati dalam mengikuti program ini. Serasa satu  malam sangat  kurang tuk mengeksplore potensi diri dengan suasana bermalam di sekolah. Insya  Allah
Dengan rangkaian acara tersebut tentu akan membiasakan generasi berpola hidup disiplin penuh ibadah yang dicintai Allah subhanahu wata'ala, sehingga kelak siswa/i tumbuh  menjadi generasi  Khoiru Ummah (generasi terbaik) yang gemar melakukan segala amalan sesuai tuntunan syariat Islam dan istiqomah dalam ketaatan kepada Al-Kholiq Azza wajalla.

Wallahu'alam bishowwab