RIHLAH ILMIAH YANG DINANTI




Hampir setiap tahun STP SD Khoiru Ummah Ciledug melaksanakan Rihlah Ilmiyyah.


Rihlah ‘ilmiyyah berasal dari bahasa Arab yaitu 'rihlah' dan 'ilmiyyah'.

Rihlah yang berasal dari akar kata rahila-yarhilu- rihlatan yang berarti berpindah dari satu negara ke negara lain dengan tujuan tertentu.

Sedangkan kata ‘ilmiyyah merupakan bentuk mashdar shina’iyy yang berasal dari akar kata ‘alima- ya’lamu yang berarti mengetahui.

Dengan demikian rihlah ‘ilmiyyah dapat diartikan sebuah perjalanan yang di tempuh ke luar dari negara/daerah tempat tinggalnya dalam rangka untuk  mengetahui berbagai kegiatan keilmuan.

Sederhananya, Rihlah
Ilmiyyah  merupakan salah satu cara belajar di luar  sekolah (disuatu tempat/daerah bahkan negara luar) untuk mengetahui kondisi di daerah tersebut atau memperoleh   ilmu yang tersebar diwilayah tersebut.



Fungsi rihlah ilmiyyah, diantaranya :
Memperluas wawasan dan memperoleh pengalaman-pengalaman baru.

Dalam kesempatan ini kami bisa belajar dengan melihat objek yang  sesungguhnya dan bisa bersentuhan langsung   dengan alam (merasakan langsung berada di permukaan bumi baik perairan dan berbagai jenis daratan yaitu karaktersitik  dataran rendah, dataran tinggi, gunung, pegunungan, lembah dan sungai )

Tujuan  Rihlah Ilmiah ini, diantaranya :

1.Mengasah  kecerdasan potensi akal Siswa/i dengan mengamati atau menganalisa alam sekitar.

2.Merenungkan dan  berfikir dengan mengkaitkan segala hal yang diindara dengan pengetahuan yang benar.

Berfikir bahwa dibalik  keindahan dan kesempurnaan alam, hadir tidak secara tiba-tiba, tetapi ada peran Zat yang Maha hebat Sang  Maha karya, Sang Maestro jagad raya, Dialah  Allah Azza Wajalla.

3.Menghadirkan ketakjuban terhadap Al-Kholiq sang pencipta indahnya alam.

4.Memahami bahwa dibalik segala ciptaanNya pasti mengandung maslahat bagi kehidupan manusia.

5.Muncul kesadaran bahwa ternyata manusia  adalah makhluk lemah yang sangat membutuhkan alam tersebut sehingga alam harus selalu dijaga agar menjadi sahabat tak membawa bencana bagi manusia.

6.Dan meyakini secara penuh bahwa  Allah subhanahu wata'ala adalah sang pencipta yang tiada tanding.

Semua itu merupakan cara yang sangat  menarik untuk menanamkan keimanan kepada Allah Subhanahu wata'ala bagi Siswa/i Khoiru Ummah, sehingga mereka senantiasa  ikhlas untuk  meningkatkan ketaqwaan kepada Allah Subhanahu wata'ala Zat yang Maha Hebat dan Maha Indah.

Rihlah Ilmiah kami kali ini dikemas dalam bentuk Camping Ilmiah, yang  dilaksanakan di  Wisata Alam Capolaga, Subang Jawa Barat, selama tiga  hari dua malam, mulai hari Rabu sampai Jum'at  (17 - 19  Oktober 2018).

Perjalanan dari Sekolah kami di Tangerang menuju Capolaga  Subang ditempuh dalam waktu kurang lebih 4 jam, perjalanan yang cukup lama namun sangat menyenangkan.

Perjalanan dimulai jam 3 pagi qobla Subuh hari Rabu. Yup perjalanan dini hari yang tak biasa Siswa/i lakukan. Namun mereka sangat bersemangat dan bergembira tak sabar ingin segera melakukan perjalanan yang sudah sekian lama dinanti.

Baik anak-anak agar  perjalanan kita selamat sampai tujuan dan diliputi dengan keberkahan Allah Subhanahu wata'ala, mari kita awali perjalanin  ini  dengan  membaca  doa  bersama :

سُبْحَانَ الَّذِىْ سَخَّرَلَنَا هَذَا وَمَاكُنَّالَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّآ اِلَى رَبّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

Artinya : Maha suci Allah yang memudahkan ini (kendaraan) bagi kami dan tiada kami mempersekutukan bagi-Nya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.







Dalam perjalanan, terlihat Siswa/i sangat gembira, tak henti-hentinya kami berdoa dan  berzikir  kepadaNya.

Hemm....ternyata bangun dini hari jam satu malam  membuat mata mereka tak  bisa  bertahan lama melek, mereka  masih ngantuk berat.

Hening....doa dzikir, canda  tawa, berisik suara ngemil tak terdengar lagi, satu persatu anak-anak  melanjutkan tidur malamnya.

Aktivitas di mobil saat berangkat (ada yg muroja'ah, ngemil, tidur, mules, dsb)

Sepertiga perjalanan, terdengar suara adzan dari Handpone kami, tiba waktunya  sholat  subuh. Kamipun  berhenti di salah satu Masjid di rest area untuk melaksanakan  sholat subuh berjama'ah.

sholat subuh di rest Area. 




إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ

Hanya Engkaulah yang kami ibadahi dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan. (Qs.Al-Fâtihah : 5)

Perjalanan  masih  berlanjut. Alhamdulillah kami tak terjebak macet  dan bisa sampai di tujuan sesuai dengan yang direncanakan  yaitu jam delapan pagi.

sampai di tujuan


bersambung......😉

#Harike-1CampingIlmiahOktober2018
#WisataAlamCapolagaSubangJawaBarat
#SekolahTahfidzPlusSDKhoiruUmmahCiledug
#STP-SD-KU-Ciledug
#Sekolahtahfizhplus
#Sinergiorangtua
#Keluargasamara
#Belajarmenyenangkan
#Entrepreneursejakdini
#Sekolahcalonpemimpin
#Kurikulummandiri
#Kurikulumberbasisaqidah