Tausiyah tentang gempa, tsunami dan azab

Ayah bunda...
Semoga tausiyah tadi siang tentang gempa, tsunami, azab dan persiapan kita sbg muslim menghadapi kematian dan  yaumil akhir (yaumul hisab) membuat ananda smakin taat kpd Allah, ringan mnjlnkan sunnah Rosul, menghormati  ayah bunda, ustadz dan ustadzahnya, menyayangi saudara2 dan teman2nya. Dan ananda smakin akrab bersahabat dan saling pengertian dgn sesama teman di sekolah.

Pengungsi Gempa Palu: Kasihan, Satu Kampung Hilang Tertimbun Tanah

Afwan ya ayah bunda, jika tadi semua siswa kls 5 dan 6 akhirnya  nangis bombay, sampai adik2 kelasnya juga turut haru padahal hanya lihat kakak2nya nangis, jadi ada yg terikut nangis, sehingga pulang sekolah matanya menjadi sembab.

Rata-rata mrk menangis  krn mengingat segala sikap yang membuat ayah bunda mengelus dada  bahkan membuat ayah bunda  marah. Karena tingkahnya yg belum sesuai dg harapan ayah bunda.

Masya  Allah perasaan  mereka begitu lembut, hati mereka begitu bersih  dibacakan sebuah hadits saja (belum ayat Al-qur'an) membuat mereka bergetar, seakan2 merasa sngt bersalah pernah membuat ayah bundanya marah dan tidak ingin  menghadapi  yaumil akhir nanti penuh dgn kesalahan kpd ayah bunda.hemm....saya jg tadi sempat nangis juga, karena terharu.

Namun kita sbg  orangtua juga harus  memahami  bahwa anak2 untuk bersikap apa yang orangtua inginkan dan  harapkan, butuh proses tidak bisa instan. Mereka perlu  proses dalam  memahami  sesuatu bahkan   butuh  proses memahami kata2 yang ayah bunda maksud.

Mari kita royal dgn sikap dan  kata2 lembut, bijak penuh suport /motivasi  agar mrk lbh percaya diri tumbuh menjadi  generasi sesuai harapan ayah bunda. Bahkan  mrk  akan bisa lebih terbuka menyampaikan  masalah yang sdng mrk hadapi.

Salah satu kunci yg harus kita miliki sbg  orangtua  yaitu ikhlas dalam proses pertumbuhan mrk. In sya  Allah kelak ananda semua  mnjd  generasi  terbaik  penyejuk hati ayah bunda dan harapan ummat.

Mohon jika ananda meminta maaf kpd ayah bunda, peluklah, ciumlah  dan doakan selalu dgn kata-kata yang terbaik setiap saat bagi mereka. Karena sejatinya  mrk sangat menyayangi ayah bunda, dan tak ingin hidup berpisah di akhirat nanti, ingin selalu bersama ayah bunda di surga Allah kelak dgn ganjaran hafalan qur'an dan amalan yg mrk lakukan.

Banggalah memiliki mereka, karena mereka adalah amanah terbesar yang Allah berikan kpd kita. Insya  Allah  gudang pahala kita ada dlm amanah ini, yg kelak biiznillah membuat diri kita selamat di yaumil akhir nanti.Wallahu'alam bishowab😌

Barokallahufiikum