Bersahabat dengan Alam



Hari ke-1
(Rabu, 17 Oktober 2018)

Alhamdulillah tiga mobil rombongan Camping ilmiyyah STP SD Khoiru Ummah sampai di Wisata Alam Capolaga dengan selamat.

Masya Allah ...udaranya sangat sejuk, suasana pagi yang cerah nan adem menyambut kedatangan kami. Semoga hingga hari ketiga cuaca mendukung seperti ini. Aamiin ya  Allah.

Sholat Dhuha Berjamaah

Menghilangkan lelah duduk selama  empat jam  di dalam mobil,
usai sholat dhuha,
siswa/i  bermain  sejenak  di taman  bermain, ada ayunan,  jungkat jangkit,  sambil tertawa lepas, mereka  senang  sekali.


sholat dhuha

main jungkat jangkit


Menuju  Camping Ground

"Anak-anak, siap -siap ya kita akan menuju  Camping Ground dan semua   membawa tasnya masing-masing, jangan  ada  yang  tertinggal ya.... "ujar  Ustadzah Didi sambil mengecek semua bawaan Siswa/i.

Tubuh mungil membawa  tas berat ransel sudah terkalahkan dengan semangat mereka menuju Camping Ground. Namun sebagian logistik dibawa dengan menggunakan bambu. Lumayan sangat terbantukan mengurangi beban bawaan.


Masuk area  camping


bawa logistik dg bambu



























Naik turun ratusan anak tangga, melintasi tiga  jembatan bambu, mereka  tetap semangat dan kuat  berjalan cukup  jauh. Alhamdulillah akhirnya kamipun sampai menuju tenda-tenda kami.

naik anak tangga


melintasi jembatan



sampai ke camping ground



















Anak-anak sholih sholihah, semua sabar ya jangan turun dulu ke sungai, in sya Allah ada saatnya kita akan berenang, bermain air disungai. Pesan senada  Ustadzah  kepada seluruh Siswa/i yang sudah tidak sabar ingin nyebur ke sungai.

Pembagian  Kelompok dan  Pengarahan

Ayo semua baris yang rapi, kita akan bagikan kelompok dulu, ujar ustadzah Hawil sambil mengatur Siswa/i berbaris.

Pembagian kelompok dan pengarahan disampaikan oleh Ustadzah Didi selaku Kepala Sekolah STP SD Khoiru Ummah Ciledug. Peserta kemping dibagi menjadi tiga regu, masing-masing memiliki nama regu yang diambil dari nama ilmuwan muslim dan muslimah yang sangat berjasa dalam bidang geografi di dunia islam  adalah Mariyam Al-Astrolabiyah, Zaenab Shahda dan Al-kindi.


baris pembagian kelompok


Setelah pembagian kelompok, mereka memasuki tenda-tenda biru yang sudah disiapkan, membereskan tas dan bawaan lainnya.

Para ustadz dan ustadzahpun juga turut membereskan tas-tas mereka.

Ustadz Indra, Ustadz Sugihmoro dan Ustadz Winda semangat membuat jemuran di sekitar camping ground.

Basah-basahan di Sungai dan Curug Karembong

"Ustadzah baju saya basah..." terdengar teriakan sahda  dibawah sungai.

"Ustadz celana saya  juga basah neh, tadi  terpeleset batu." teriak Fauzan.

Teriakan anak-anak bersahut-sahutan, hemm ....sepertinya itu cara mereka agar bisa diizinkan main air di sungai,  awalnya mereka  izin hanya untuk  cuci tangan dan kaki di sungai tapi....blass bajunya, celanya turut  basah dengan berbagai  alasan. karena baju celana mereka sudah  basah,  Akhirnya Ustadz dan ustadzah  sepakat, mereka boleh menikmati jernih dan segarnya air sungai  hingga ke Curug Karembong yang berada  dibagian atas  selatan Capolaga  didampingi  oleh Ustadz Indra, Ustadzah Winda, Ustadzah Hawil dan Ustadzah Yuli, yang turut basah-basahan bersama mereka. Masya  Allah sungguh dingin dan nikmatnya air terjun ini.

فَبِأَيِّ آلَاء رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ

"Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?" (QS. Ar-Rahman [55] )













di sungai dan air terjun/curug karembong






Istirahat, Sholat dan Makan, Qoilulah

Usai menikmati  dinginnya air terjun  mereka berbilas dan kompak menjemur pakaian, dilanjutkan dengan, Istirahat sejenak,  Sholat dzuhur, makan siang dan qoilullah.






Materi 1

Kegiatan selanjutnya adalah materi pertama yang disampaikan oleh Ustadzah Hawil dengan tema "Mengenal Ilmuwan Muslim dan Muslimah"
masing-masing kelompok diberi  tugas untuk  presentasi apa yang telah mereka pelajari.





Materi ke-2

Dilanjutkan dengan materi kedua yang disampaikan oleh Ustadzah Yuli dengan tema "Who Am I" yang sebelumnya   dibahas tentang mengenal Allah Subhanahu wata'ala dan mengenal  potensi diri manusia.




Curug Sawer

Usai mengikuti materi pertama  dan  kedua, Siswa/i- pun menikmati  untuk foto-foto bersama di area Curug Sawer yang  saat ini airnya kering tidak berlimpah seperti curug yang lainnya.

foto 33 (foto ikhwan capolaga curug sawer )






Hari menjelang sore, masih saja ada siswa/i yang turun naik ke sungai, hemm...mereka tak bosan-bosan berada di air. satu persatu mereka  membersihkan diri dan bersiap-siap untuk makan malam dan dilanjutkan sholat maghrib plus jamak sholat isya,  dzikir  dan  doa  bersama, dilanjutkan dengan tadarrus Al-qur'an. walau gelap di tenda mereka tetap semangat tadarrus Al-qur'an. Sungguh luar biasa.






Muhasabah

Menjelang tidur, semua Siswa/i  dan guru berkumpul di pendopo untuk mengikuti muhasabah yang akan disampaikan oleh Ustadz Sugihmoro. Suasana malam yang semakin dingin membuat mereka fokus tuk mendengarkan muhasabah tersebut.









Alhamdulillah kegiatan hari ke-1 telah berjalan dengan baik, "sudah  saatnya tidur ya anak-anak, persiapkan energi kalian tuk bangun qiyamul lail. Selamat Istirahat ya semua....
Jangan lupa adab tidurnya ya". Pesan Ustadzah kepada Siswa/i. Semua tas dipinggirkan, Alas tenda digibaskan, mereka sudah siap tidur dengan sleeping bagnya bagaikan kepompong,
serentak membaca surat Al-ikhlas, An-naas, Al-falaq, Ayat kursi dan doa hendak tidur.

#Harike-1CampingIlmiahOktober2018
#WisataAlamCapolagaSubangJawaBarat
#SekolahTahfidzPlusSDKhoiruUmmahCiledug
#STP-SD-KU-Ciledug
#Sekolahtahfizhplus
#Sinergiorangtua
#Keluargasamara
#Belajarmenyenangkan
#Entrepreneursejakdini
#Sekolahcalonpemimpin
#Kurikulummandiri
#Kurikulumberbasisaqidah