Masa Orientasi Siswa Hari Ke 3 Khoiru Ummah Ciledug



Masa Orientasi Sekolah (MOS) merupakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah kepada Peserta Didik Baru TA 2019-2020 baik yang tingkat dasar (SD) maupun pra SD (PAUD-TK), dengan kegiatan yang umum dilaksanakan sekolah setiap awal tahun ajaran, guna menyambut kedatangan para peserta didik baru.

Kegiatan ini dijadikan sebagai ajang untuk sarana perkenalan siswa baru terhadap lingkungan barunya di sekolah. Baik itu perkenalan dengan sesama siswa baru, guru, karyawan, hingga kakak kelas di sekolah. Tak terkecuali pengenalan berbagai macam kegiatan yang ada dan rutin dilaksanakan di lingkungan sekolah.

Tujuan MOS adalah:
1. Mengenali potensi diri siswa baru.
2. Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah.
3. Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru.
4. Mengembangkan interaksi positif antarsiswa dan warga sekolah lainnya.
5. Menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati, kerjasama, persatuan, kedisplinan, hidup bersih, dan sehat.
6. Untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai kesungguhan, kepatuhan, dan semangat fastabikhul Khoirot, serta mampu ber-amar ma’ruf nahi munkar di antara mereka.
7. Penanaman konsep iman, ilmu, dan amal.
8. Menanamkan berbagai wawasan dasar pada siswa sebelum memasuki kegiatan pembelajaran secara formal di kelas.
Semoga dari kegiatan ini, para siswa nantinya akan mempunyai semangat yang tinggi dalam mengukir prestasi dan memiliki akhlaq terpuji tidak hanya kepada sesama manusia (hablumminannas), akan tetapi juga mempunyai akhlak yang baik kepada Sang Kholiq (hamblumminallah), dengan taat menjalankan ibadah, beramal Sholih, dan bersungguh-sungguh dalam mencari ilmu, serta selalu semangat dalam menghafal Qur’an, hingga mendambakan Al Qur’an sebagai teman setianya. Aamiin…