Ta'limul Muta'allim



Bahwa 'sikap hormat' (TA'ZHIM) kita kepada GURU berpengaruh kepada BERKAH tidaknya ILMU yg kita tuntut.

Murid yang tidak percaya, meremehkan, curiga bahkan berprasangka NEGATIF kepada sang Guru bisa MENGHAMBAT sampainya ilmu kepada si murid.

Demikian juga Orangtua yang sedang menitipkan anaknya belajar di sekolah atau pondok manapun, namun dirinya memiliki sikap yang kurang percaya dan berprasangka negatif kepada para Guru anak2nya, akan menghambat proses pensholehan atau pencerdasan ananda. Astaghfirullah.......

Bahkan sikap penghormatan  tersebut tidak bisa ditakar dengan sejumlah rupiah atau dinar, melainkan penghormatan yg seyogyanya tulus ikhlas LAHIR dan BATHIN.

Dan ternyata.... sikap penghormatan tsb juga TIDAK CUKUP kpd hanya ditunjukkan kpd sang Guru, melainkan seyogyanya juga ditunjukkan kpd KELUARGA DAN TEMAN2 dari Sang Guru.

Pertanyaannya....
Sudahkah kita memberikan penghormatan sebaik-baiknya kepada semua GURU2 kita, sejak dulu kita kecil, anak2, remaja hingga dewasa seperti saat ini ?

Bagaimana dengan keluarga dan teman2 guru kita tsb ?  Sejauhmana penghormatan kita kepada mereka.....

Astaghfirullah

Yuuk,... Mumpung Jum'at Berkah,... berikan penghormatan dan doakan terbaik kepada semua guru2 kita, keluarga dan juga teman2nya.

Mudah2an semua ilmu yang kita tuntut adalah ILMU YANG MANFAAT dan BERKAH, menjadi GAMPANG dipahami dan DIAMALKAN

Yuuk,... kita menjadi MURID terbaik buat GURU2 kita dimanapun dan kapanpun.