Tarhib Muharram 1441 H Sekolah Tahfizh Plus Khoiru Ummah Ciledug




KHOIRUUMMAHCILEDUG.SCH.ID, TANGERANG - Keluarga besar STP (Sekolah Tahfidz Plus) PAUD-TK & SD Khoiru Ummah Ciledug, Tangerang, melaksanakan kegiatan Tarhib Muharram, Jumat (30/8/2019) dengan mengangkat Tema "Momentum Perubahan Menuju Islam Kaffah".

Kegiatan tersebut dimeriahkan oleh seluruh siswa dan guru. Mereka melakukan pawai dengan dimulai dari depan sekolah kemudian mengelilingi lingkungan komplek sekitar sekolah. Siswa/i begitu antusias dalam pawainya mengibarkan bendera tauhid yang juga benderanya Rasulullah SAW, memamerkan poster-poster dan spanduk menyambut tahun baru Islam. Diantara poster-posternya bertuliskan : Selamat Tahun Baru Islam 1441 Hijriyah, HijrahKU Hidup Dalam Naungan Al Qur'an, HijrahKU Mewujudkan Khoiru Ummah, HijrahKU Islam Rahmatan Lil 'Alamin, Hijrah Untuk Meraih Ridho Allah.

"Muharram, Shafar, Rabiul Awwal, Rabiul Akhir..."
Lagu nama-nama bulan dalam kalender hijriyah pun bergema. Selain itu juga shalawat-shalawat begitu membahana sembari mengibarkan bendera tauhid di sepanjang perjalanan mereka.

Tidak hanya sekedar semangat menyambut meriahnya tahun baru islam 1441 Hijriyah, namun juga harus difahami bahwa  moment penting ini memiliki makna dan perjuangan yang luar biasa hingga keagungan Islam dapat kita rasakan hingga detik ini.

Di moment penting ini, Ustadzah Diah Winarni,  S.Kom,  Kepala Sekolah STP Khoiru Ummah Ciledug tingkat SD mengingatkan siswa/i agar mengikuti  tarhib dengan tertib dan menjaga adab, serta terus bersemangat   memperbaiki  diri menjadi pribadi sholih/ah menjalankan segala apa yang disyariatkan Allah dengan penuh keikhlasan.

IMG-20190831-WA0082


Beliau menambahkan, perjuangan Baginda Rosulullah SAW dan para sahabat hijrah dari Mekkah ke Madinah, dari kehidupan penuh fitnah dan ujian menuju kemenangan Islam di Madinah dengan menerapkan Syariat Islam Kaffah, membuat umat manusia merasakan rahmat dari kemuliaan ajaran Islam yang syamil.

"Inilah moment yang tepat, perjuangan heroik Rosulullah mengagungkan Islam tak hanya sekedar dikenang menjadi kisah haru yang berkesan, namun ghiroh dan istiqomah perjuangan hingga meraih kemenangan hakiki bagi umat Islam yang membawa Rahmat bagi seluruh alam yang harus di ittiba' (diikuti)", ujar Ustadzah Diah Winarni.

"Syu'ur syar'i inilah yang harus dimunculkan bagi umat Islam sebagai Khoiru ummah (umat yang terbaik) agar utuh memahami hijrah yang sesungguhnya yaitu hijrah dari penghambaan kepada manusia dan hawa nafsu menuju penghambaan hanya kepada Sang Kholiq Allah Azza Wajalla dalam seluruh aspek kehidupan." Terangnya.

IMG-20190831-WA0080

Dalam Tarhib Muharram 1441 Hijriyah ini, STP Khoiru Ummah Ciledug, Tangerang, juga berbagi santunan ke beberapa yayasan yatim piatu yang terdekat dengan sekolah, di antaranya Yayasan Darul Ummat yang disambut hangat oleh Ustadzah Rani dan Yayasan Bina Ummat Dhuafa yang disambut oleh Ustadzah Mia.

"Semoga kuatnya gelombang hijrah di tahun baru Islam 1441 Hijriyah ini semakin membuka mata dan hati kaum muslim khususnya dan manusia pada umumnya untuk menerima Islam dalam konteks kehidupan universal (kaaffah) sehingga melahirkan kebahagiaan hakiki dapat kita rasakan sebagai dampak rahmatan lil aalamiin." imbuh Diah Winarni, S..Kom, Kepala Sekolah yang akrab disapa Didi ini.

Kegiatan Tarhib Muharram merupakan salah satu kegiatan yang diselenggarakan secara rutin oleh STP Khoiru Ummah Ciledug dengan memiliki beberapa tujuan pembelajaran, diantaranya:
  1. Menanamkan pemahaman kepada seluruh siswa bahwa hijrahnya Rasul Saw dari Mekkah ke Medinah adalah hijrah dari peradaban jahiliyah menuju peradaban Islam. Dari kekufuran menuju keimanan. Dari kemaksiatan menuju keta’atan.
  2. Memahamkan tentang rahasia dibalik penetapan awal tahun baru Islam  yang ternyata ditetapkan berdasarkan saat terjadinya peristiwa hijrah Rasululullah SAW dari Mekah ke Medinah.
  3. Sebagai bagian dari Syi’ar Islam.


Kami senantiasa berharap semoga seluruh siswa-siswi kami kelak tumbuh menjadi generasi pemimpin yang bertaqwa, istiqomah dan bersabar dalam menjalankan keta’atan kepada Allah SWT.
Marhaban ya Muharram. Semoga tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya, dan kami termasuk orang-orang yang beruntung.