Wisuda Generasi Virtual


Khoiruummahciledug.sch.id - Sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia awal Maret 2020,  seluruh aktifitas pembelajaran siswa didik dilakukan via daring hingga keputusan  Mendikbud Nadiem Makarim yang menyatakan proses KBM masih akan dilakukan secara daring hingga Desember 2020, terutama untuk sekolah yang masih kategori zona merah dan kuning. 

Dan bagi seluruh lulusan sekolah di tahun 2020 ini tak ayal mereka melangsungkan proses wisuda secara virtual, karena kondisi pandemik korona masih terjadi, dan masyarakat harus mengikuti aturan protokoler penanganan Covid-19 untuk kewaspadaan penularan virus. 

Ini pertama kali dalam sejarah, proses wisuda secara virtual di Indonesia. Tidak ada keramaian menyapa, juga kemeriahan para siswa ataupun santri adik kelas menyapa. Namun diharapkan sekalipun dilakukan via daring tidak mengurangi kebahagiaan serta kekhusyuan para wisudawan didalam proses wisuda tersebut.

Generasi 2020 merupakan generasi emas yang terlahir dalam suasana pandemik sehingga diharapkan menghasilkan generasi yang paham dan cerdas akan kecanggihan teknologi komunikasi yaitu virtualisasi. 

Pandemik ini mengajarkan kepada kita untuk terus semangat menjalankan aktivitas sekalipun dalam keterbatasan secara fisik, namun beruntungnya kita saat ini adalah ketersediaan teknologi komunikasi yang sangat membantu  baik urusan negara, bisnis, perkantoran, sekolah dan yang lainnya. Maka sudah saatnya masyarakat ramah serta melek teknologi agar tetap mudah melakukan aktifitas sehari-hari. 

Selamat atas kelulusannya kepada seluruh Wisudawan dan Wisudawati, kelak kalian menjadi generasi terbaik. Lanjutkan pendidikan kalian dengan semangat dan penuhi dunia kalian dengan cita-cita yang membangun untuk generasi peradaban gemilang.

Penulis: Ustadzah Diah Winarni, S.Kom

Praktisi Pendidikan di STP SD Khoiru Ummah Ciledug