3-Persiapan : Ramadhan KU Berkah Melimpah




■Dasar Dalil:


Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:


-{}- يٰٓأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ -{١٨٣}-


"Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."  (QS. Al-Baqarah [2]: 183)



Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:


-{}- ﻗَﺪْ ﺟَﺎﺀَﻛُﻢْ ﺭَﻣَﻀَﺎﻥُ، ﺷَﻬْﺮٌ ﻣُﺒَﺎﺭَﻙٌ، ﺍﻓْﺘَﺮَﺽَ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻜُﻢْ ﺻِﻴَﺎﻣَﻪُ، ﺗُﻔْﺘَﺢُ ﻓِﻴﻪِ ﺃَﺑْﻮَﺍﺏُ ﺍﻟْﺠَﻨَّﺔِ، ﻭَﺗُﻐْﻠَﻖُ ﻓِﻴﻪِ ﺃَﺑْﻮَﺍﺏُ ﺍﻟْﺠَﺤِﻴﻢِ، ﻭَﺗُﻐَﻞُّ ﻓِﻴﻪِ ﺍﻟﺸَّﻴَﺎﻃِﻴﻦُ، ﻓِﻴﻪِ ﻟَﻴْﻠَﺔٌ ﺧَﻴْﺮٌ ﻣِﻦْ ﺃَﻟْﻒِ ﺷَﻬْﺮٍ، ﻣَﻦْ ﺣُﺮِﻡَ ﺧَﻴْﺮَﻫَﺎ ﻓَﻘَﺪْ ﺣُﺮِﻡَ -{}-


“Telah datang kepada kalian Ramadhan, bulan yang penuh berkah. Allah mewajibkan atas kalian berpuasa. Pintu-pintu surga dibuka. Pintu-pintu neraka ditutup. Syetan-syetan dibelenggu. Di dalamnya terdapat 1-malam yang lebih baik daripada 1000-bulan. Siapa yang dihalangi dari kebaikannya, maka sungguh ia telah terhalang.” (HR. Ahmad).


■3-Persiapan: Ramadhan KU Berkah Melimpah:

1. Persiapan Mental   (الإستعداد الروحي لرمضان)

2. Persiapan Ilmu  (الإستعداد العلمي لرمضان)

3. Persiapan Amal (الإستعداد العملي لرمضان)


✅Persiapan Mental..

Mental yang dibangun diatas landasan aqidah Islam, berupa keimanan kepada Allah SWT dengan segala perintah-Nya.. Sebab seruan amal yang diawali dengan sentuhan iman; amal yang didasari dan didorong oleh Iman, maka itulah yang bernilai Amal Shalih..


✅Persiapan Ilmi.. 

Setiap amal yang dilakukan tanpa dasar ilmu berpeluang salah dan ditolak oleh Allah SWT.. oleh karena itu, memasuki bulan suci ramadhan harus berbekal ilmu, terutama ilmu-ilmu yang terkait langsung dengan keutamaan ramadhan dengan sederet amalan-amalan istimewa yang ada didalam-nya..


✅Persiapan Amal..

Supaya ramadhan terarah dan penuh dengan barokah yang melimpah, maka seorang mukmin baik laki-laki maupun perempuan harus memiliki agenda amaliyah ramadhan yang jelas.. Diantara agenda amaliyah ramadhan itu, adalah:

▪Shaum yang spesifik

▪Interaksi dengan al-Qur'an 

▪Menggiatkan Shadaqah dan Infaq

▪Memperbanyak Dzikir, Istighfar dan Do'a 

▪Interaksi Masjid untuk Shalat Wajib 5-waktu dan Tarawih

▪Melakukan I'tikaf 10-Malam terakhir dan Berburu Lailatul Qadr


■Do'a Menyambut Ramadhan:


Apabila telah tampak hilal Bulan Ramadhan, maka berdo'alah kepada Allah SWT:


-{}- الله أكبر اللهم أهله علينا بالأمن والإيمان والسلامة والإسلام , والتوفيق لما تحب وترضى ربي وربك الله -{}- (رواه الترمذي و الدارمي)


”Ya Allah, mohon hadirkan awal Ramadhan untuk kami dengan penuh keamanan dan penuh keimanan, dan dengan penuh keselamatan dan dalam keislaman, dengan taufik agar kami melakukan yang Engkau sukai dan Engkau ridhai, Tuhan kami dan Tuhan kamu wahai bulan adalah Allah.” (HR Ahmad dan ad-Darimi).


Setidaknya 5-point yang kita minta dalam doa di atas, yaitu:

▪Pertama, bil amni. Kita memohon kepada Allah Azza wa Jalla agar Ramadhan membawa keamanan. Di tengah pandemi yang belum sepenuhnya berakhir, doa ini terasa sangat dibutuhkan.


Kita sangat berharap kepada Allah Azza wa Jalla agar ketika Ramadhan tiba, kondisi kehidupan kita benar-benar normal kembali, sehingga kita mampu menjalani ibadah puasa Ramadhan dengan aman, nyaman, dan berkesan.. 


▪Kedua, wal iman. Ramadhan datang dengan membawa semangat keimanan. Kendati pandemi belum sepenuhnya berhenti, semangat menjalankan ibadah Ramadhan yang dilandasi keimanan harus tetap terpatri dalam sanubari. Sembari patuh dan disiplin terhadap prokes yang ada, rangkaian ibadah Ramadhan tak boleh satu pun terlewatkan..


▪Ketiga, was salámah. Berharap saat Ramadhan datang, jiwa raga kita tetap sehat wal 'afiat. Betapa ruginya ketika bulan paling mulia hadir, kita malah sakit sehingga tak mampu maksimal di dalamnya. Pastikan ikhtiar menjaga imun tetap prima dalam menyambut Ramadhan tiba, membersamai Ramadhan sampai melepas kepergian-nya.. 


▪Keempat, wal Islam. Jika wal iman (penuh keimanan) adalah memastikan semangat beribadah hanya semata-mata karena Allah Ta’ala (kualitas), wal Islam adalah penuh keislaman yang dibuktikan dengan ragam dan jenis ibadah yang dilakukan selama Ramadhan (kuantitas). 


Sehingga kita tidak akan puas hanya melakukan ibadah puasa pada siang hari, tetapi ditambah dengan shalat sunah Tarawih dan tadarus pada malam hari. Kita belum akan merasakan kenikmatan berbuka sebelum mampu pula memberikan kegembiraan hidangan takjil berbuka kepada sanak saudara dan berbagi kepada saudara yang sedang membutuhkan.. 


▪Kelima, rabbunaa wa rabbukallah. Keempat do'a yang kita panjatkan kepada Allah SWT di atas tidak akan bermakna dan akan menjadi sia-sia.. jika tidak dilengkapi dengan do'a yang kelima ini. Yakni, semua itu harus dilandasi ikhlas semata-mata karena Rabbul ’álamiin.. 


Akhirnya, semoga do'a ini diijabah Allah SWT dan kita semua menyambut Ramadhan yang penuh berkah, menjalankan ibadah Ramadhan dengan membawa keamanan, kenyamanan, dan kedamaian. Marhaban yaa Ramadhan 1443H..!!

🌾🌿🌾🌿🌾🕋📖🕋🌾🌿🌾🌿🌾

Disampaikan dalam agenda Tarhib Ramadhan.. dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1443H..