Memiliki visi besar sangatlah penting bagi seorang manusia dalam kehidupannya





Visi besar akan membawa seorang pada pemahaman yang dalam tentang aksi detil dalam kesehariannya. Ia mampu mengatur waktu bekerja, belajar, bermain, istirahat, ibadah dan mencari hiburan secara proporsional.


Ia menempatkan dirinya untuk bekerja dan berkarya lebih banyak ketimbang bersenang-senang. Ia membatasi diri dalam hal ringan. Justru ia banyak menghabiskan waktu memperdalam sesuatu yang mendukung produktivitasnya.


Demikian pula pada suatu generasi, memiliki visi adalah sesuatu yang penting. Jika kita bercermin pada generasi terbaik, yaitu para sahabat, mereka memiliki sebuah visi besar. Visi yang menjadi kacamata mereka melihat dunia, visi yang mengendalikan pikiran dan tindak tanduk mereka, visi yang membuat mereka rela berkorban apapun demi mewujudkan cita-cita besar. Ya, visi tersebut adalah : meraih akhirat.


Allah ta'ala berfirman perihal keutamaan akhirat


وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا لَعِبٌ وَلَهْوٌ ۖ وَلَلدَّارُ الْآخِرَةُ خَيْرٌ لِلَّذِينَ يَتَّقُونَ ۗ أَفَلَا تَعْقِلُونَ


Dan kehidupan dunia ini tiada lain hanyalah main-main dan senda gurau belaka. dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu mau memahaminya? [Al-An’âm/6:32]


Generasi yang bervisi akhirat, akan menjadikan Ridha Allah dan surga-Nya di depan mata mereka. Keduanya menjadi cita-cita tertinggi mereka dan hidup mereka adalah dalam rangka mengejar kedua hal tersebut dengan cara menjalani hidup dalam ketaatan kepada-Nya dan berjuang di jalan-Nya untuk menegakan kalimat-Nya di muka bumi, mengerjakan segala amal soleh yang berbuah pahala. Generasi seperti ini tidak terbuai dengan kehidupan dunia, dan tidak tersibukkan memikirkan keinginan dunia, karena hal itu bagi mereka hina dibandingkan akhirat. 


Namun bukan berarti generasi ini meninggalkan dunia. Allah berfirman, 


وَابْتَغِ فِيمَا آَتَاكَ اللَّهُ الدَّارَ الْآَخِرَةَ وَلَا تَنْسَ نَصِيبَكَ مِنَ الدُّنْيَا


“Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi” (QS. Al Qashshash: 77).


Generasi ini tidak menolak dunia. Hanya saja, generasi ini memandang dunia sebagai pemberian Allah untuk menjadi wasilah meraih akhirat. Imam Al Qurthubi menafsirkan ayat tersebut,


"Hendaklah seseorang menggunakan nikmat dunia yang Allah berikan untuk menggapai kehidupan akhirat yaitu surga. Karena seorang mukmin hendaklah memanfaatkan dunianya untuk hal yang bermanfaat bagi akhiratnya. Jadi ia bukan mencari dunia dalam rangka sombong dan angkuh.”


Jadi, dalam menyikapi kehidupan dunia, generasi bervisi akhirat, selain menjaga agar dunianya diperoleh dari jalan yang halal, juga senantiasa qanaah dengan pemberian Allah dan menjadikan dunia bukan orientasi melainkan sebagai sarana ketaatan. Generasi ini akan membangun dan memakmurkan dunia menjadi peradaban mulia yang menjadikan manusia taat kepada Allah dengan menjalankan syariat-Nya. Visi memakmurkan dunia, itulah fungsi kekhalifahan generasi tersebut sebagaimana firman-Nya,


وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَٰٓئِكَةِ إِنِّى جَاعِلٌ فِى ٱلْأَرْضِ خَلِيفَةً ۖ 


Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi". (QS Al Baqarah: 30)


Kesimpulannya, penting bagi generasi umat Islam hari ini untuk memiliki visi besar agar menjadi generasi terbaik dan bukan generasi pembebek. Caranya adalah dengan membangun visi akhirat, menjadikan akhirat sebagai tujuan dan orientasi, dan pada saat yang sama memiliki visi membangun peradaban mulia di dunia untuk menjalankan fungsi kekhalifahan.


Ayah dan Bunda  mari bersama-sama berjuang untuk mewujudkan generasi bervisi pejuang. Ikutilah Seminar Parenting yang diselenggarakan Sekolah Tahfizh Plus Khoiru Ummah. Insya Allah akan diselenggarakan secara online pada: 


📆 Ahad, 23 Oktober 2022

⏰ 09.00-11.00 WIB

🖥️ Zoom Meetings

💰 GRATIS UNTUK UMUM


✨Extra:

Dapatkan diskon 50% pembelian formulir pendaftaran PPDB di seluruh cabang Khoiru Ummah yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, dari level TK, SD, SMP, SMA. 


Jangan lewatkan kesempatan langka dan berharga ini, daftarkan diri anda sekarang juga dan jejakkan peran dalam membentuk generasi bervisi pejuang!


Pendaftaran bisa dilakukan melalui tautan berikut ini:

https://bit.ly/SeminarParentingKU2022

https://bit.ly/SeminarParentingKU2022

https://bit.ly/SeminarParentingKU2022