4 PELAJARAN PENTING DARI ISRA MI'RAJ NABI MUHAMMAD SAW

 


Khoiruummahciledug.sch.id - Isra Mi'raj bukan sekedar momen selebrasi atas apa yang terjadi pada Nabi. Namun lebih dari itu Isra Mi'raj memberikan makna penting bagi kehidupan kita.

Ali Muhammad Shalabi dalam kitabnya Sirah Nabawiyyah: 'Irdlu Waqa'i wa Tahlil Ihdats, juz 1 halaman 209 menjelaskan beberapa makna penting Isra Mi'raj, antara lain:

1. Kemuliaan dan Keistimewaan Nabi Muhammad Saw

Nabi Muhammad Saw baru saja mengalami hal yang amat menyedihkan, yaitu wafatnya Khodijah ra sang istri tercinta, yang selalu mengorbankan jiwa, tenaga, pikiran, dan hartanya demi perjuangan dakwah Islam. Bukan hanya Khadijah namun wafat juga sang paman, Abu Thalib yang selalu melindungi Nabi dari kekejaman kaum Quraisy. Lewat Isra Mi'raj Allah bermaksud menguatkan hati Nabi dengan melihat secara langsung kebesaran Allah Swt. Sehingga hati Nabi semakin mantap dan teguh dalam mengemban risalah Islam.

Ini memberikan pelajaran, bahwa siapa pun yang berjuang di jalan Allah, dan menegakkan agama, seperti dengan memakmurkan masjid, memakmurkan majlis ilmu, dzikir dan tahlil, Allah akan memberikan kebahagiaan dan keistimewaan.

2. Kewajiban Shalat Lima Waktu

Musthofa As Siba’i dalam kitab Sirah Nabawiyah, Durus wa Ibar, jilid 1 halaman 54 menjelaskan bahwa jika Nabi melakukan Isra’ Mi’raj dengan ruh dan jasadnya sebagai mukjizat. Karenanya, sebuah keharusan bagi tiap muslim menghadap (mi’raj) kepada Allah SWT lima kali sehari dengan jiwa dan hati yang khusyu’.

Dengan shalat yang khusyu’, seseorang akan merasa diawasi oleh Allah Swt, sehingga malu jika menuruti syahwat dan hawa nafsu dan berbuat maksiat. Justru sebaliknya lebih senang dan mudah untuk melakukan banyak kebaikan. Hal tersebut demi mengagungkan keesaan dan kebesaran Allah, sehingga dapat menjadi makhluk terbaik di bumi.

3. Perjalanan Pertama Luar Angkasa

Dalam sejarah, perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha hingga Sidratul Muntaha menjadi perjalanan pertama manusia di dunia menuju luar angkasa, dan kembali menuju bumi dengan selamat. Jika hal ini telah terjadi di zaman Nabi, 1400 tahun yang lalu, hal tersebut memberikan pelajaran bagi umat Islam agar mandiri, belajar, bangkit dan meningkatkan kemampuan, tidak hanya dalam masalah agama, sosial, politik, dan ekonomi, namun juga harus melek terhadap sains dan teknologi. Perjalanan menuju ke luar angkasa adalah sains dan teknologi tingkat tinggi yang menjadi salah satu tolak ukur kemajuan sebuah umat dan bangsa.

4. Membela Perjuangan Islam

Pada Isra' Mi'raj ada penyebutan dua masjid, yaitu Masjidil Haram dan Masjidil Aqsha. Hal tersebut memberikan pelajaran bahwa keduanya adalah tempat penting yang pernah menjadi kiblat dan masih menjadi kiblat umat Islam hingga kini.

Maasya Allah, semoga kita bisa meneladani Nabi Saw dengan turut serta mengemban syariat Islam.
___________
Yuk Ayah Bunda, mari bersinergi dalam mewujudkan generasi penghafal Al Qur'an yang faqih fid diin dan berkarakter pemimpin peradaban mulia masa depan.

Bersama Keluarga Besar
SEKOLAH TAHFIZH PLUS KHOIRU UMMAH CILEDUG
Tingkat TK & SD

🌐 Info & Pendaftaran

Tingkat SD
Telp/WA: 083899808083 | 08128140712

Tingkat TK
Telp/WA: 089619806512
_______

#ppdb #ppdb2023 #khoiruummah #khoiruummahciledug #hafizquran #hafizah #sekolahislam #sekolahpenghafalquran #sekolahcalonhafiz #sekolahcalonpemimpin #sekolahtahfiz #sekolahtahfizh #ciledug #tangerang #tangsel #jaksel #parenting #parentingislami #quran #alquran #isramiraj #isramiraj1444h #rajab #ramadhan #1444h