MEMBANGUN PERISAI DIRI DENGAN PUASA SENIN KAMIS

 



Khoiruummahciledug.sch.id - Tahukah kamu jika ada perisai super keren yang bisa melindungi kita? Bahkan lebih hebat jika dibandingkan perisai yang dimiliki tokoh superhero fiktif yang kini digandrungi.


Ya, perisai itu bernama puasa!


Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

الصِّيَامُ جُنَّةٌ

“Puasa adalah perisai” (H.R. Bukhari dan Muslim).


Yang dimaksud puasa sebagai (جُنَّةٌ) atau perisai adalah puasa akan menjadi pelindung yang akan melindungi siapa saja yang melakukannya di dunia dan juga di akhirat. Saat di dunia maka puasa akan menjadi pelindung yang akan menghalanginya untuk mengikuti godaan syahwat yang buruk. Karena seseorang yang berpuasa tidak boleh membalas orang yang menganiayanya dengan balasan serupa, sehingga jika ada yang mencela ataupun menghina maka hendaklah dia mengatakan, “Aku sedang berpuasa.”


Adapun di akhirat maka puasa menjadi perisai dari api neraka, yang akan melindungi dan menghalangi dirinya dari api neraka pada hari kiamat. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ما من عبد يصوم يوما في سبيل الله إلا باعد الله بذالك وجهه عن النار سبعين خريفا

“Tidaklah seorang hamba yang berpuasa di jalan Allah kecuali akan Allah jauhkan dia (karena puasanya) dari neraka sejauh tujuh puluh musim” (H.R. Bukhari dan Muslim).


Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah berkata,


فإن الإنسان إذا قرأ القرآن وتدبره، كان ذلك من أقوى الأسباب المانعة له من المعاصي أو بعضها، وكذلك الصوم جنة.

"Sesungguhnya seseorang jika membaca al-Quran dan mentadaburinya, hal itu termasuk sebab terkuat yang menghalangi dari kemaksiatan atau dari sebagian kemaksiatan. Demikian juga puasa merupakan perisai."

[Sumber: Majmu'ul Fatawa, jilid 20, hlm. 123]


Alhamdulillah, hari kamis esok adalah salah satu kesempatan kita melaksanakan puasa sunnah. Jadi, tunggu apalagi? Yuk berlomba-lomba untuk melaksanakannya karena Allah ta’ala!

_____

Yuk Ayah Bunda, mari bersinergi dalam mewujudkan generasi penghafal Al Qur'an yang faqih fid diin dan berkarakter pemimpin peradaban mulia masa depan.


Bersama Keluarga Besar

SEKOLAH TAHFIZH PLUS KHOIRU UMMAH CILEDUG

Tingkat TK & SD


🌐 Info & Pendaftaran


Tingkat SD

Telp/WA: 083899808083 | 08128140712


Tingkat TK

Telp/WA: 089619806512

___

▪️ www.khoiruummahciledug.sch.id

▪️ www.facebook.com/khoiruummahciledug

▪️ www.instagram.com/khoiruummahciledug

▪️ www.youtube.com/@khoiruummahciledug412


#ppdb #ppdb2023 #khoiruummah #khoiruummahciledug #ramadhan #ramadan #ramadhan1444h #hafizquran #hafizah #sekolahislam #sekolahpenghafalquran #sekolahcalonhafiz #sekolahcalonpemimpin #sekolahtahfiz #sekolahtahfizh #ciledug #tangerang #tangsel #jaksel #puasa #seninkamis #puasaseninkamis #puasasunnah #stpkhoiruummah