Mengejutkan! Ternyata Abu Bakar Ash-Shiddiq ra dijuluki julukan lain!


 

Khoiruummahciledug.sch.id - Abu Bakar ash Shiddiq lahir di Mekah dengan nama Abdullah bin Abu Quhafah at-Taimy (nama sebenarnya Utsman). Ibunya bernama Ummu al-Khair (sebetulnya bernama Salma binti Sakhar). Jika nasab Abu Bakar dari bapaknya ditarik ke atas, maka akan bertemu dengan garis keturunan Nabi Muhammad pada Murrah bin Ka’ab. Abu Bakar lahir di Makkah pada 573 M atau lebih kurang dua tahun enam bulan setelah tahun gajah. Abu Bakar lebih muda 2,5 tahun dari Nabi Muhammad Saw.


Dalam tradisi Arab, seseorang terbiasa dipanggil dan dikenal berdasarkan laqab (julukan). Salah satu fungsi laqab disematkan pada seseorang adalah sebagai bentuk pujian atas keluhuran tabiatnya. Rasulullah saw juga sering memberikan julukan kepada para sahabat sebagai bentuk sanjungan sesuai dengan keunggulan yang dimiliki. Abu Bakar juga memiliki julukan khusus, yaitu ash-Shiddiq dan al-‘Atiq.


Mengapa Abu Bakar dijuluki ash-Shiddiq?


Ash-Shiddiq artinya adalah orang yang sangat jujur atau banyak membenarkan. Abu Bakar mendapatkan julukan ini karena merupakan sahabat Nabi yang paling mempercayai Nabi, bahkan dalam hal yang tidak masuk akal seperti peristiwa isra mi’raj.


Imam an-Nawawi dalam Tadzhibul Asma wal Lughat juga menegaskan,


وأجمعت الأئمة على تسميته صديقًا. قال على بن أبى طالب، رضى الله عنه: إن الله تعالى هو الذى سمى أبا بكر على لسان رسول الله - صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - صديقًا، وسبب تسميته أنه بادر إلى تصديق رسول الله - صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - ولازم الصدق، فلم يقع منهم هناة ولا وقفة فى حال من الأحوال.


Artinya: “Para imam (ulama) sepakat atas julukan ash-Shiddiq pada Abu Bakar. Sahabat Ali bin Abi Thalib ra pernah mengatakan, ‘Sesunngguhnya Alllah lah yang memberi nama (julukan) ash-Shidddiq memalui perantara Rasulullah saw.’ Sebab penamaan itu karena Abu Bakar merupakan orang yang selalu terdepan dalam membenarkan Nabi dan tidak sekali pun dia mendustakannya." (An-Nawawi, Tadzhibul Asma wal Lughat, juz II, h. 181)


Bukan hanya Ash Shiddiq laqab yang dimiliki Abu Bakar, namun juga al-Atiq. Lalu apa itu al-Atiq?


Ulama berbeda pendapat terkait alasan apa yang menyebabkan ia dijuluki dengan nama ini. Ada yang mengatakan karena wajah Abu Bakar tampan rupawan. Pendapat ini menurut Laits bin Sa’ad, Ahmad bin Hambal, Ibnu Mu’in, dan lainnya.


Ada pula yang mengatakan karena Abu Bakar merupakan orang yang terdepan dalam hal kebaikan. Pendapat ini menurut Abu Nu’aim al-Fahdl bin Dukain. Sementara versi lain mengatakan karena Abu Bakar terlahir dari nasab yang suci sebab nasab nenek moyangnya terhindar dari perbuatan zina. Ada juga yang mengatakan karena Abu Bakar sudah mendapat jaminan terbebas dari siksa neraka. (As-Suyuti, Tarikhul Khulafa, h. 27)


Julukan al-Atiq ini disebut dalam beberapa hadits, salah satunya adalah hadits Aisyah ra berikut ini,


والله إني لفي بيتي ذات يوم ورسول الله -صلى الله عليه وسلم- وأصحابه في الفناء والستر بيني وبينهم إذ أقبل أبو بكر، فقال النبي صلى الله عليه وسلم: "من سره أن ينظر إلى عتيق من النار فلينظر إلى أبي بكر


Artinya: “Demi Allah, sesungguhnya aku sedang berada di rumahku pada suatu hari, sementara Rasulullah saw dan beberapa sahabat berada di halaman. Di antara aku dan mereka tertutup oleh pembatas. Tiba-tiba datang Abu Bakar, lalu Nabi bersabda, ‘Siapa yang senang melihat orang yang terbebas (‘atiq) dari api neraka, maka lihatlah Abu Bakar.” (HR Al-Hakim)


Maasya Allah sungguh luar biasa keteladanan dari sahabat Abu Bakar ash-Shiddiq al-Atiq ra ini. Semoga kita bisa meneladani sikap Abu Bakar dalam memperjuangankan Islam.

_____

Yuk Ayah Bunda, mari bersinergi dalam mewujudkan generasi penghafal Al Qur'an yang faqih fid diin dan berkarakter pemimpin peradaban mulia masa depan.


Bersama Keluarga Besar

SEKOLAH TAHFIZH PLUS KHOIRU UMMAH CILEDUG

Tingkat TK & SD


🌐 Info & Pendaftaran


Tingkat SD

Telp/WA: 083899808083 | 08128140712


Tingkat TK

Telp/WA: 089619806512

___

▪️ www.khoiruummahciledug.sch.id

▪️ www.facebook.com/khoiruummahciledug

▪️ www.instagram.com/khoiruummahciledug

▪️ www.youtube.com/@khoiruummahciledug412


#ppdb #ppdb2023 #khoiruummah #khoiruummahciledug #ramadhan #ramadan #ramadhan1444h #hafizquran #hafizah #sekolahislam #sekolahpenghafalquran #sekolahcalonhafiz #sekolahcalonpemimpin #sekolahtahfiz #sekolahtahfizh #ciledug #tangerang #tangsel #jaksel #parenting #parentingislami #mendidikanak #sahabatnabi #abubakarshiddiq