Tips Memilih Sekolah Idaman

Saat ini  bisa kita lihat hampir semua sekolah tiap tahun berpacu untuk memperebutkan calon siswa. Ada yang menonjolkan fasilitas yang dimiliki, ada juga yang menonjolkan prestasi yang pernah diraih baik lokal, nasional maupun internasional.  Ada juga yang menonjolkan kemapanan alumninya di berbagai bidang pekerjaan. Hal tersebut sah-sah saja kalau memang benar apa adanya. 
Sementara pada sisi yang lain orang tua juga sibuk untuk mencari sekolah terbaik dan cocok untuk buah hatinya.  Tentu saja budget juga menjadi pertimbangan mereka.
Lalu apa sebaiknya yang diketahui oleh orang tua dan anak agar  ‘tidak salah’ dalam menentukan sekolah pilihan ? Berikut ada beberapa Tips semoga bermanfaat :

11.  Tujuan Bersekolah
Orang tua dan anak seyogyanya mengetahui dengan jelas apa tujuan utama bersekolah, karena hal ini sangat menentukan pilihan sekolahnya. Semoga anda  yakin dengan tujuan utama bersekolah adalah biar dapat ilmu, tambah pintar, tambah iman dan tambah dewasa dalam menghadapi kehidupan ini. Sebaiknya hindari tujuan sekolah hanya untuk gengsi, ijazah, jabatan atau memburu kekayaan.

22.  Kenali Potensi Diri (bisa dibantu dengan tes Finger print, analisa psikologis)
Alhamdulillaah, saat ini sudah banyak cara atau alat untuk memindai potensi atau kemampuan diri seseorang sejak kecil, tentu dengan akurasi berbeda. Diantaranya melalui alat Finger Print seperti STIFIn (www.stifin.co.id), atau MIR (lazuardinext)

33. Kenali Lingkungan Sekitar
Lingkungan dimana sekolah berada sedikit banyak bisa memberikan info keberadaan sekolah dimaksud. Kantin, warung sekolah, tetangga, tukang ojek, tukang bersih2 bisa menjadi pemberi info dan keterangan berharga (Simak kisah ‘Nenek tukang cuci mendapat hidayah’)

44. Cermati suasana belajar
Suasana belajar bisa diketahui ketika berlangsung KBM. Berkunjunglah saat KBM berlangsung, beberapa kunjungan cukup untuk menggambarkan suasana dimaksud.

55. Cermati pergaulan siswa dan guru serta managemennya
Pergaulan siswa dengan temannya atau gurunya bisa dilihat ketika di sekolah, baik ketika berlangsung KBM atau ketika beristirahat. Cara komunikasinya apakah bahasanya baik atau tidak. Adapun managementnya bisa dirasakan ketika mereka menyambut tamu, berbicara dengan guru.

66. Pastikan berapa lama jatah pelatihan SDM nya
Guru adalah faktor sangat penting dalam kesuksesan proses pembelajaran. Berapa lama mereka mendapat  tempaan baik melalui training, magang, bedah buku, dsbg sangat membantu meng-upgrade guru. Kalau ada sekolah yang tidak PD dalam menjelaskan penempaan SDM dimaksud, lebih baik anda mempertimbangkan untuk tidak memasukkan anak ke sekolah dimaksud.

77. Bagaimana cara mereka mengatasi kenakalan siswa
Kenakalan siswa bisa jadi merupakan hal lumrah ada di setiap sekolah. Yang penting bagaimana managemen mengatasi ketika timbul kenakalan siswa seperti bullying, tawuran, pelecehan dan sebagainya.  Hal ini menunjukkan sekolah punya SOP baku atau tidak.

88. Amati Tata Ruang (dalam dan luar kelas)
Kebersihan dan kerapihan sekolah juga menjadi indikator kemampuan managerial dan penegakan kedisiplinan sekolah.  Sekalian lihat juga toilet siswa dan gurunya. Biasanya kalau toiletnya saja sudah oke, kebersihan yang lain oke juga. 

99. Budget yang ada
Sudah jelas

110.  Contoh RPP atau tugas siswa
Guru yang baik dan terlatih tentu telah menyiapkan RPP untuk membantu memudahkan dalam mencapai target pembelajaran. RPP disiapkan jauh-jauh hari sebelum aktivitas mengajar. Biasanya RPP diarsipkan oleh guru dan kelak sangat berguna utk kepentingan evaluasi  dan tongkat estafet pergantian guru selanjutnya.